Food  

10 Oleh-oleh Khas Kuningan Jawa Barat Yang Jadi Buah Tangan Terbaik

Oleh-oleh Khas Kuningan Jawa Barat

Bila berkunjung ke suatu tempat rasanya kurang bila tidak membawa oleh-oleh khas daerah tersebut. Begitu juga bila kamu berkunjung ke daerah kuningan, akan sangat kurang bila tidak membeli oleh-oleh khas Kuningan Jawa Barat, baik itu berupa makanan khas, minuman khas hingga pakaian khas.

Di kota mungil  ini banyak sekali makanan khas, minuman khas dan pakaian khas yang harus kamu coba. Di bawah kami akan merekomendasikan apa saja khas Kuningan yang bisa kamu bawa untuk oleh-oleh.

10 Macam Oleh-oleh Khas Kuningan Jawa Barat

1. Opak Bakar

Oleh-oleh khas Kuningan Jawa Barat pertama yang tidak boleh kamu lewatkan adalah opak bakar. Opak bakar ini terbuat dari beras ketan dan kelapa yang diolah kemudian dipanggang. Ketika digigit sangat renyah dan suara gigitan opaknya akan memenuhi telingamu, sangat cocok untuk cemilan ketika nonton tv bersama keluarga. 

Rasa dan suara opak bakar yang digigit bisa membuat siapa saja yang menikmatinya ketagihan ingin terus memakannya sampai makanan tersebut habis. Bila kamu ingin membelinya sebagai oleh-oleh, pergi saja ke toko pusat oleh-oleh di Kuningan karena camilan satu ini akan selalu ada di sana. Tersedia juga dalam berbagai ukuran.

2. Kwecang

Makanan satu ini tidak kalah menarik dengan opak bakar untuk dijadikan oleh-oleh. Oleh-oleh khas Kuningan Jawa Barat satu ini dibuat dari beras ketan yang dicampur dengan air apu. Setelah teksturnya berubah kental, adonan dibungkus menggunakan daun bambu dan terakhir dikukus hingga matang. Ketika memasaknya kamu akan mencium aroma harum dari adonan yang dikukus tersebut.

Selain enak dikonsumsi secara langsung. kwecang juga enak bila dikonsumsi bersama gemblong, ketempling dan camilan khas lainnya. Kamu tidak akan menyesal bila membelinya, karena cemilan satu ini memang sangat lezat dan paling penting ramah di kantong. Wajar bila jajanan khas satu ini menjadi buruan para wisatawan untuk oleh-oleh.

3. Tape Ketan dalam Ember

Ketika kamu menjelajahi kota Kuningan, pasti akan menemukan pedagang yang menjajakan tape ketan yang disimpan dalam ember. Di mana tape ketan tersebut dibentuk kecil dan dibungkus dengan daun. Cara pengemasan yang unik dan tentunya rasanya yang enak, wajar bila makanan satu ini menjadi oleh-oleh khas Kuningan Jawa Barat yang paling banyak disukai.

Kamu pasti penasaran, mengapa kue tape tersebut harus diletakan dalam ember apa tidak ada tempat lain untuk menyimpannya? Hal itu bukan asal-asalan, tetapi ada tujuannya. Penggunaan ember tersebut membantu membantu proses fermentasi pembuatan tape. Selain itu agar air segar yang dihasilkan fermentasi tersebut tidak berceceran tetapi ditampung dalam ember.

4. Tahu Lamping

Oleh-oleh khas Kuningan Jawa Barat selanjutnya yang selalu diburu oleh para pelancong adalah tahu lamping. Apa perbedaan tahu lamping khas kuningan dengan tahu lainnya? Tahu lamping ini memiliki rasa yang sangat gurih dan isian tahu di dalamnya sangat padat sehingga cukup membuat kenyang bila memakannya. Ketika pertama kali mencicipnya kamu pasti akan terkejut karena bagian luarnya sangat renyah sedang bagian dalamnya lembu sekali.

Tahu satu ini sudah sangat terkenal di pasaran, banyak juga para pelancong yang memburu makanan khas Kuningan yang ini. Sangat enak bila dikonsumsi langsung untuk menemani perjalananmu di mobil, kamu juga bisa membawanya sebagai buah tangan dijamin orang rumahmu akan menyukainya.

5. Keripik Gemblong

Bagi kamu yang suka makanan-makanan renyah, yang bila digigit menghasilkan suara maka sangat cocok membeli oleh-oleh khas Kuningan Jawa Barat yang satu ini, keripik gemblong. Keripik ini bahan dasarnya adalah singkong yang dipotong sangat tipis dan ukurannya kecil. Berbeda dengan keripik singkong biasanya, keripik ini ditambahkan oncom di tengahnya. Penambahan oncom itulah yang membuat cita rasanya khas dan menarik.

Bila kamu berkunjung ke Kuningan Jawa Barat maka tidak akan sulit mencari cemilan khas satu ini karena sering dijajakan di beberapa toko di sana. Bahkan kamu bisa membeli per kilogram sesuai keinginanmu. Hal itu membuat makanan khas satu ini sangat cocok untuk dijadika oleh-oleh.

6. Kue Satu Kacang Hijau

Membeli kue satu kacang hijau bisa menjadi pilihan tepat untuk dijadikan oleh-oleh khas Kuningan Jawa Barat. Kue satu kacang hijau ini adalah kacang hijau yang disangrai lalu dihaluskan dan ditambahkan gula. Kacang hijau yang sudah halus akan dicetak dalam beberapa ukuran dan dipanggang sampai matang.

Kue satu ini bisa bertahan lama sehingga memang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Apalagi bila tempat tinggalmu dengan Kuningan memakan waktu yang lama, jadi tidak perlu takut basi. Jajanan satu ini akan semakin laris bila sebentar lagi menuju hari raya idul fitri, biasanya dijadikan suguhan ketika tamu berkunjung ke rumah.

7. Jeniper

Yang wajib masuk daftar oleh-oleh khas Kuningan Jawa Barat berikutnya adalah jeniper. Jeniper bukan nama orang, tetapi sebuah singkatan dari Jeruk Nipis Peras. Jeniper ini merupakan minuman khas kuningan yang rupanya hampir mirip sirup dan tentunya wajib kamu coba. 

Proses pembuatan terbuat dari perasan jeruk nipis yang ditambahkan gula. Pengemasannya menggunakan botol dalam berbagai ukuran, sehingga kamu bisa membeli sesuai kebutuhan. Untuk menyajikannya juga hampir sama dengan sirup, ketika sudah dituangkan di gelaas tambah dengan air putih secukupnya.  

8. Kopi Luwak Linggarjati

Bagi pencinta kopi jangan lewatkan minuman khas yang satu ini bila berkunjung ke Kuningan. Kopi luwak linggarjati, sama seperti namanya kopi ini terbuat dari biji kopi luwak yang diolah dengan cara tradisional. Proses pembuaannya yang alami akan menjaga cita rasa alami dari kopi tersebut. Soal rasa jangan ragu lagi karena sudah banyak pelancong yang membelinya dan menjadikannya minuman favorit.

Kamu bisa mencarinya di gerai toko oleh-oleh khas Kuningan Jawa Barat terdekat. Minumasn satu ini dijual dengan harga yang bersahabat, cocok untuk dikonsumsi sendiri dan juga tidak salah bila membeli lebih untuk oleh-oleh. Agar keluarga dan teman dekatmu juga bisa merasakan kelezatan kopi luwak linggarjati ini.

9. Sirup Tjampolay

Minuman khas kuningan lainnya yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana adalah sirup tjampolay. Sirup ini hadir dengan banyak varian rasa buah di antaranya rasa pisang susu, melon, mangga grdong, jeruk nipis, nanas dan lainnya. Dari sekian banyak rasa yang paling banyak digemari ialah rasa pisang susu.

10. Batik Kuningan

Setelah makanan dan minuman khas, kini kami merekomendasikan batik sebagai oleh-oleh khas Kuningan Jawa Barat yang wajib kamu bawa. Negara Indonesia terkenal akan batiknya, hampir di setiap daerah memiliki ciri khas batik sendiri termasuk kuningan. Ciri khas batik Kuningan terletak pada motif batik dan warnanya yang terbilang cerah.

Motif yang diambil pun bertema fauna khas Kuningan seperti ikan dewa dan kuda kuningan. Itulah beberapa makanan, minumnandan pakaian yang kami rekomendasikan untuk kamu beli ketika berkunjung ke Kuningan. Dari sepuluh itu yang mana yang paling membuatmu teratrik untuk membelinya?