Masakan Khas Jawa Sunda yang Bisa Tahan Lama untuk Di Bulan Ramadhan

Masakan Khas Jawa Sunda yang Bisa Tahan Lama untuk Di Bulan Ramadhan
Kering Tempe, Kacang, dan Teri

Masakan Khas Jawa Sunda – Bingung ingin menyediakan menu sahur serta buka puasa apa selama Ramadan? Di tengah-tengah kondisi seperti sekarang ini, penting untuk menimbang bahan makanan dan macam masakan yang dapat bertahan lama serta tersimpan sepanjang beberapa hari.

Untungnya, Indonesia punyai banyak kulineran yang tahan lama serta nikmat lho, terhitung masakan khas Jawa Sunda. Yuk, lihat apa yang dapat kita taruh di dalam rumah buat menu sahur serta berbuka puasa nanti!

1. Kering Tempe, Kacang, dan Teri

Kering tempe dapat tahan lama lama sebab tidak simpan banyak air. Masakan simpel dengan cita-rasa manis serta renyah ini paling lezat dikonsumsi bersama nasi putih hangat. Untuk Anda yang menyukai pedas bisa juga menambah potongan cabai merah ke dalam bumbunya supaya sahur serta buka puasa semakin nikmat.

2. Sambal Bawang

Orang Indonesia sekurangnya dapat nih jauh dari yang bernama sambal. Nah, salah satunya yang dapat tersimpan lama serta lezat sekali ialah sambal bawang, yang dibuat dari cabai rawit, bawang merah, serta bawang putih ulek yang ditumis. Tambah garam, gula serta penyedap rasa seperlunya , ya.

Sesudah berwarna berbeda pekat, api matikan serta diamkan dingin. Taruh dalam tempat botol kaca serta masukan ke dalam kulkas.

3. Sambal Goreng Kentang Kering

Berbeda dengan sambal goreng kentang basah, kentang pada sambal goreng kentang kering ini dimasak lebih dulu untuk memperoleh struktur yang cukup kering serta tidak simpan banyak kandungan air. Macam menu ini diantaranya sambal groeng kentang dengan gabungan ati ampela serta pete.

4. Serundeng

Jika Anda bosan dengan lauk abon, serundeng ciri khas Jawa menjadi pilihan. Dibikin dari kelapa parut yang disangrai, cita-rasanya renyah serta lezat sekali. Anda dapat membuatnya lauk bersama lauk yang lain seperti ayam goreng, tahu serta tempe goreng, atau nasi pecel sayur yang sehat serta kaya serat.

5. Ayam Goreng Bumbu Lengkuas

Bumbu lengkuasnya yang lezat serta umami ini membuat beberapa orang jatih hati pada masakan ini. Agar ringkas, Anda dapat mengungkep ayam dengan bumbu lengkuas lembut yang dapat dibeli ke kios bumbu lembut di pasar tradisionil, lalu menyimpan di kulkas untuk dimasak setiap saat.

Sekalinya telah dimasak, seandainya masih kering ayam goreng bumbu lengkuas ini dapat tahan sepanjang 3 hari, lho.

6. Kering Kentang

Selain sambal goreng kentang, kentang mustofa yang aslinya dari Cimahi ini nikmat serta bertahan lama. Lauk kering yang ini dibuat dari kentang yang dipotong berupa korek api, lalu dimasak kering serta umumnya diberi bumbu pedas hingga rasa-rasanya gurih serta renyah. Umumnya dikonsumsi bersama sajian kuah berbumbu atau dikonsumsi bersama lauk sayur. Simpel tetapi nikmat sekali!

7. Gepuk

Keunikan Gepuk nampak dari langkah pembikinannya. Daging sapi direbus sampai 1/2 masak serta dipukul menjadi makin empuk. Selanjutnya, daging sapi dicelupkan ke dalam adonan bumbu yang telah dipersiapkan saat sebelum kembali lagi direbus sampai masak, rasa-rasanya manis, renyah, serta pedas. Gepuk dapat tahan sepanjang 7 hari dalam temperatur ruang, serta sebulan bila tersimpan di kulkas.

Nah, itulah barusan sederet masakan khas Jawa Sunda yang dapat kita taruh di dalam rumah, untuk stok menu sahur serta buka puasa yang nikmat serta tahan lama sepanjang Ramadan.