Food  

10 Oleh-oleh Khas Sukabumi Jawa Barat, Uenak Yang Bikin Penasaran!

oleh oleh khas sukabumi jawa barat

Bila kamu sedang berkunjung ke suatu tempat, pasti teman-teman keluargamu menantikan oleh-oleh khas daerah tersebut ketika kamu pulang. Begitu juga bila kamu berkunjung ke daerah Sukabumi, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Sukabumi Jawa Barat karena pasti orang-orang rumahmu menantinya. Yuk, ketahui makanan khas Sukabumi yang murah dan cocok dijadikan oleh-oleh.

Kota Sukabumi merupakan daerah terkecil di Jawa Barat. Namun, meski begitu di Sukabumi banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Selain itu juga makanan khas Sukabumi banyak yang wajib kamu coba. Berikut kami merekomendasikan beberapa makanan yang wajib kamu bawa sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Sukabumi.

10 Oleh-oleh Khas Sukabumi Jawa Barat

1. Mochi

Mochi adalah salah satu oleh-oleh khas Sukabumi Jawa Barat yang paling terkenal. Hampir semua orang tahu dan suka makanan yang satu ini. Makanan mungil dan kenyal ini paling banyak dicari untuk oleh-oleh. Bila kamu berkunjung ke gerai oleh-oleh makanan imut ini pasti ada.

Makanan manis satu ini tak hanya disukai wisatawan, masyarakat setempat juga tidak bosan memakannya. Tekstur lembut dengan tampilan warna-warni membuatnya semakin tampak menarik. Siapa yang melihat pasti ingin memasukannya ke mulut.

Soal rasanya sudah tidak diragukan lagi, sangat lezat bila digigit isinya lumer di mulut. Sekarang hadir dengan beberapa rasa, seperti rasa durian, matcha dan coklat. Bila berkunjung ke Sukabumi sayang sekali bila tidak mencoba semua varian rasa mocha Sukabumi.

oleh oleh khas sukabumi jawa barat
oleh oleh khas sukabumi jawa barat-mochi

2. Bolu Pisang

Oleh-oleh khas Sukabumi Jawa Barat yang murah dan wajib kamu masukan ke list adalah bolu pisang. Selain mochi, kamu juga pasti akan menemukan bolu pisang bila berkunjung ke gerai oleh-oleh di Sukabumi.

Ada banyak bolu pisang yang melegenda di Sukabumi. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuatnya menarik untuk dimakan. Biasanya bolu pisang yang dijajakan merupakan bolu buatan rumahan masyarakat Sukabumi.

Namun, ternyata meski namanya bolu pisang yang terdapat di dalamnya tak hanya rasa pisang saja, tapi juga terdapat beberapa varian rasa. Ada bolu pisang coklat, perpaduan pisang dan coklat ada juga rasa pandan dll. Rasa manis legit yang dihasilkan bolu pisang ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

3. Kue Jahe

Kue jahe atau yang kini sering disebut kue jadul merupakan oleh-oleh khas Sukabumi Jawa Barat yang paling melegenda. Cemilan ini terbuat dari jahe yang diparut dan dicampur dengan gula. Perpaduan keduanya membuat rasanya menjadi unik, teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam.

Jajanan khas Sukabumi satu ini sudah ada dari zaman Belanda. Namun, semakin berkembangnya dunia kuliner kue jahe juga mengalami perkembangan. Kini kamu bisa menjumpai kue jahe dengan berbagai macam bentuk menari tentunya dengan varian rasa istimewa juga.

Kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Makanan satu ini cocok dimakan rame-rame sebagai pendamping teh hangat pagi dan sore hari.

4. Roti Priangan           

Bila ke Sukabumi kamu juga tidak boleh melewatkan oleh-oleh khas Sukabumi Jawa Barat yang satu ini. Roti Priangan, roti legendaris buatan Oey Tijang Lie yang sudah diproduksi dari tahun 1943 dan hanya ada di Sukabumi. Oleh karena itu kamu jangan sampai melewatkan makanan legendaris satu ini.

Keunikan dari roti Oey Tijang Lie ini, meski teknologi berkembang, tapi membuatnya masih memakai oven tradisional. Bahan baku rotinya terbuat dari terigu, susu dan mentega yang tidak memakai pengawet sedikit pun.

Harganya sangat terjangkau, varian rasa yang ditawarkan pun sangat banyak. Ada coklat, pisang coklat, susu, nanas, dll. Roti Priangan ini biasanya dijual keliling dengan menggunakan gerobak biru.

5. Sekoteng Singapore

Oleh-oleh khas Sukabumi Jawa Barat selanjutnya yaitu sekoteng Singapore. Sekoteng ini merupakan sup terinsipirasi dari sajian Tiongkok. Di Sukabumi, kamu bisa menemukan sekoteng Singapore ini di jalan Ahmad Yani.

Tentu ada perbedaan sekoteng khas Sukabumi dengan sekoteng lainnya, sekoteng khas Sukabumi menambahkan roti bentuk bulat panjang dan biskuit di dalamnya. Selain itu juga terdapat kolang-kaling, kacang hijau, pacar cina, dan kacang-kacangan lain.

Makanan satu ini lebih enak bila disantap di waktu malam sambil menyusuri kota Sukabumi. Rasanya sangat enak campur-campur, manis dan menghangatkan tubuh karena ada jahe.

6. Sagon Bakar

Sagon merupakan oleh-oleh khas sukabumi Jawa Barat yang bahan dasarnya tepung sagu, Tepung sagu yang diolah dan dicampur dengan bahan lain menghasilkan makanan ringan yang enak. Salah satu yang paling terkenal yaitu sagon bakar. Sagon bakar terbuat dari parutan kelapa dan dibentuk berbagai macam.

Rasanya sangat gurih berasal dari parutan kelapanya, untuk teksturnya juga renyah. Cemilan khas Sukabumi satu ini cocok untuk kamu bawa pulang dan dijadikan oleh-oleh. Harganya yang murah bisa membuatmu lebih leluasa mengambil sebanyak-banyaknya untuk dibagikan ke keluarga di rumah.

7. Serabi Durian

Serabi merupakan makanan khas Jawa Barat, tetapi serabi khas Sukabumi memiliki cita rasa yang beda. Satu hal yang membuat serabi Sukabumi menarik adalah bahan pembuatannya terdapat durian. Jadi, tidak heran bila olahan durian khas Sukabumi ini menjadi makanan favorit pencinta durian.

8. Geco

Geco atau Tauge-Tauco menjadi oleh-oleh khas Sukabumi Jawa Barat yang tidak boleh kamu lewatkan. Bahan utama geco itu tauco yang dibungkus daun pisang dan toge segar direbus setengah matang. Dua bahan utama itu ditambah ketupat, kentang yang dipotong kecil-kecil, telur rebus, kecap manis, mie aci, cuka lahang dan cabai.

Sekilas dilihat dari penampilannya hampir mirip dengan kupat tahu. namun, bedanya geco memakai tauco untuk sausnya sehingga menambah rasa manis, asam, gurih, segar menyatu dalam satu hidangan tentu saja berbeda dengan kupat tahu.

9. Deblo

Deblo merupkan jajanan khas Sukabumi yang terbuat dari singkong. Kini, keberadaan makanan khas satu ini sudah sangat jarang ditemui, jadi bila kamu kebetulan menemuinya sangat disayangkan bila tidak membelinya untuk oleh-oleh khas Sukabumi Jawa Barat.  

Bahan utamanya adalah singkong dibumbui dengan kunyit, bawang putih, garam, merica, daun bawang, dan penyedap rasa. Semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dibentuk bulat kemudian goreng hingga warnanya berubah jadi kecoklatan. Perpaduan manis dan gurih tersebut menghasilkan rasa yang sulit dilupakan, membuatmu ingin nambah terus.

10. Bandros

Bandros merupakan jajanan khas Sukabumi yang harus kamu cicipi. Kue bandros biasanya dijual keliling menggunakan gerobak, mungkin pedagang bandros ini bisa dijumpai di daerah Jawa Barat lainnya, tetapi Sukabumi memiliki khas sendiri. Bila ingin mencicipinya pun tidak mahal dengan harga Rp 5000 saja kamu bisa menikmati jajanan khas Sukabumi satu ini.

Di atas adalah beberapa jajanan khas Sukabumi yang enak dan murah yang kami rekomendasikan cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Sukabumi Jawa Barat. Dari sepuluh makanan khas Sukabumi di atas yang mana yang paling bikin kamu penasaran?

Jawa Barat yang banyak mempunyai ragam kuliner yang bisa coba untuk menambah wawasan Kita akan kekayaan budaya kuliner Nusantara.