Food  

10 Oleh-oleh Khas Subang Jawa Barat yang Wajib di Coba !

Oleh oleh khas subang jawa barat

Sangat disayangkan sekali, bila kamu berkunjung ke daerah Subang Jawa Barat, tetapi tidak membeli oleh-oleh khas Subang Jawa Barat. Bukan hanya nanas simadu yang patut dicoba, makanan khas Subang lainnya pun sangat cocok dijadikan oleh-oleh.  

Lalu, apa sajakah makanan khas Subang yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh? Agar kamu tidak bingung, di bawah ini kami rekomendasikan sepuluh makanan khas Subang yang patut kamu bawa sebagai buah tangan.

10 Oleh-oleh Khas Subang Jawa Barat yang Wajib di Coba !

1. Nanas Simadu

Mungkin banyak di antara kamu yang sudah tahu mengenai buah yang satu ini, oleh-oleh khas Subang Jawa Barat yang paling banyak disenangi. Seperti yang kita tahu nanas merupakan buah segar yang bisa tumbuh di negara tropis dan salah satunya Indonesia.

Mengapa buah nanas harus dijadikan oleh-oleh ketika pergi ke Subang? Karena Subang merupakan kota penghasil nanas terbaik nomor satu di Indonesia. Selain itu juga buah nanas di kota Subang memiliki rasa manis seperti madu sehingga dinamakan nanas simadu.

Berkat keunggulan rasa nanas yang dihasilkan kota Subang, pemerintah kota Subang bahkan membangun tugu Nanas Simadu di pertigaan Jalan Cagak. Bahkan tugu nanas simadu itu dijadikan sebagai icon utama kota Subang sekaligus membanggakan rasanya yang sangat lezat.

Sebagai kota penghasil nanas terbaik, tentu saja kamu tidak akan kesulitan untuk mencari buah yang satu ini di daerah Subang. Di setiap deretan pedagan yang menawarkan buah-buahan segar di kota Subang, kamu pasti akan menemukan nanas simadu.

2. Delipel

Oleh-oleh khas Subang Jawa Barat berikutnya yang wajib masuk list-mu adalah delipel. Masih belum beralih dari buah nanas simadu, ternyata selain enak dimakan langsung, olahan dari buah segar satu ini juga enak. Nah, delipel ini adalah salah satu hasil olahan dari nanas simadu yang merupakan singkatan dari ‘Delicious Pineapple’.

Delipel ini merupakan sebuah merek, yang menjual segala macam olahan buah nanas, kebanyakan menjadi kue. Banyak jenis kue, nekstar yang terbuat dari bahan nanas. Bila berkunjung ke Subang, kamu wajib pergi ke toko delipel dan membeli salah satu kreasi olahan nanasnya. Lokasinya juga mudah ditemukan karena dekat dengan pusat kota Subang.

3. Keripik Nanas

Memang Subang benar-benar kota nanas, jadi segala macam olahan nanas di kota ini cocok dijadikan oleh-oleh. Selain bisa dijadikan kue ternyata buah nanas juga bisa dibuat keripik. Meski memang keripik buah nanas bisa ditemukan di daerah luar Subang, tapi tetap buatan masyarakat Subang tetap di hati secara rasa nanasnya yang beda dari daerah lain.

Kelezatan rasa dari semua olahan nanas hasil warga Subang tidak pernah mengecewakan. Bahkan warga asli sana juga suka membuatnya juga untuk dikonsumsi sendiri sebagai teman kopi. Olahan nanas yang satu ini sering menjadi oleh-oleh khas Subang Jawa Barat.

Cara membuatnya ambil nanas madu yang sudah dibersihkan. Lalu potong menjadi beberapa bagian, iris tipis dan goreng hingga kering. Semakin garing, akan semakin renyah dan semakin enak. Untuk bisa mencoba makanan yang satu ini kamu tidak perlu takut dompetmu akan terkuras karena harganya sangat murah.

4. Kerupuk Miskin

Oleh-oleh khas Subang Jawa Barat selanjutnya yang wajib kamu bawa adalah kerupuk miskin. Kamu pasti tahu kerupuk yang satu ini, banyak ditemukan di mana-mana. Kerupuk melarat atau kerupuk miskin ini terbuat dari aci dan diberi warna-warna yang mencolok seperti merah, putih dan kuning.

Nama kerupuk melarat itu diambil dari cara masaknya yang unik. Jika kerupuk lain dimasak menggunakan bara api dan minyak goreng, kerupuk miskin ini menggunakan pasir sebagai alat pembakarannya. Sebelum dipakai pasirnya dibersihkan terlebih dahulu agar tidak ada kotoran yang terbawa.

Meski menggunakan media pasir, kerupuk yang dihasilkan tetap higienis dan tentunya layak dikonsumsi. Di mana soal rasanya kamu tidak usah ragu lagi, selain itu kamu juga bisa mendapatkan kerupuk ini dengan harga yang sangat bersahabat.

5. Abon Jantung Pisang

Abon jantung pisang jadi oleh-oleh khas Subang Jawa Barat yang tidak boleh dilewat. Jika biasanya abon itu terbuat dari suiran daging sapi dan parutan kelapa yang dicampur aneka rempah, abon yang satu ini terbuat dari jantung pisang.

Bentuk dan teksturnya sama seperti abon pada biasanya, tapi olahan yang dibuat ibu-ibu desa Cisaat ini memiliki rasa yang unik. Bila mencobanya, yakin akan membuatmu ketagihan. Pasti penasaran kan bagaimana rasanya, kuliner satu ini cocok sekali dibawa untuk dijadikan oleh-oleh.

6. Ikan Lapan Crispy

Bila kamu berkunjung ke Subang tepatnya di daerah Pantura, pasti sering melihat banyak pedagang berjajar menawarkan ikan lapan crispy. Dan mereka menawarkan ikan lapan crispy sebagai produk best seller. Olahan ikan satu ini sudah ada dari tahun 2012 oleh Tuti Mahtamroh.

Produk olahannya dibuat berbagai rasa, terdapat beberapa varian seperti berbeque, keju, balado dan original. Pilihlah sesuai selera, untuk rasa dijamin enak karena produk yang satu ini sangat laris di pasaran.

7. Pinadrink

Oleh-oleh khas Subang Jawa barat berikutnya kembali ke olahan buah nanas. Subang memang penghasil nanas lezat yang melimpah. Sehingga membuat masyarakatnya rajin mengkreasikan buah nanas menjadi beberapa olahan. Selain dibuat kue dan keripik, buah nanas juga bisa dijadikan minuman.

Pinandrik merupakan produk minuman yang bahan dasarnya adalah buah nanas simadu khas Subang. Rasa manis minumannya murni dari buah nanas yang rasanya manis, dalam pembuatannya minuman ini tidak dicampur dengan gula. Untuk bisa menikmati minuman yang satu ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar 10 ribuan saja per botol.

Dengan harganya yang sangat terjangkau, membuat minuman satu ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Kamu jadi bisa membeli banyak untuk saudara, tetangga dan teman yang pasti menantikan oleh-oleh ketika kamu pulang dari Subang.

8. Gitrek Singkong

Gitrek Singkong juga masuk ke daftar oleh-oleh khas Subang Jawa Barat yang wajib kamu coba. Gitrek Singkong terbuat dari potongan singkong yang dicampur dengan kencur. Perpaduan keduanya menghasilkan rasa yang unik dan bisa membuat ketagihan.

Aromanya juga sangat wangi dan sangat menggiurkan, orang-orang yang melihatnya pasti ingin segera mencicipi. Bila kamu penasaran dengan rasa singkong campur kencur,  beli yang original lebih dahulu karena gitrek Singkong ini hadir dalam beberapa rasa.

9. Oncom Dawuan

Bila kamu berkunjungnya ke kota Dawuan Subang, jangan lupa bawa oleh-oleh produksi oncomnya. Oncom Dawuan dibuat dari bahan kacang tanah berkualitas yang diolah menjadi oncom.  Hanya butuh satu kali coba aja, kamu akan ketagihan dengan rasanya.

10. Gepuk Daging

Untuk pencinta daging pasti senang dengan daftar oleh-oleh khas Subang Jawa Barat satu ini. Gepuk Daging khas Subang ini dibuat dari daging sapi yang  dicampur dengan rempah pilihan. Aromanya menggugah dan dagingnya juga empuk sehingga bisa dikonsumsi siapa saja.

Itulah beberapa makanan dari Subang yang kami rekomendasikan untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh khas Subang Jawa Barat yang bisa diagikan ke orang rumah dan teman.