Food  

Pekerjaan yang Paling Mulia

Pekerjaan yang paling mulia adalah Bertani, tani merupakan pekerjaan yang paling dijauhi, dan saat ini pekerjaan Tani terkesan tidak mempunyai Gengsi. Karena memang identik dengan, kotor dan berkutat di sawah.

Memang benar melakukan pekerjaan Tani harus mau berani untuk bergelut dengan kotor- kotor tanah. Pekerjaan yang dilakukan bercocok tanam, mengolah tanah agar menghasilkan tanaman yang bisa dikonsumsi oleh semua orang.

Bahkan setiap makhluk hidup tidak hanya manusia saja, kambing, ayam, sapi juga mengkonsumsi tumbuhan yang bisa jadi tumbuhan tersebut berasal dari pertanian.

Pertanian itu Penting

Itu artinya produk dari pertanian merupakan hal yang paling penting dan paling pokok untuk menopang keberlangsungan kehidupan umat manusia.

Namun anehnya saat ini pekerjaan Tani tidak mendapatkan tempat di hati para generasi muda. Pada umumnya generasi muda saat ini lebih suka memilih pekerjaan yang terlihat bergengsi seperti di kantoran yang berpakaian rapi dan jauh dari kotoran tanah.

Mungkin sudah menjadi sifat dasar manusia yang enggan dengan kotor enggan dengan kerja keras peluh keringat dan kepanasan.

Tapi bagi petani yang memang menggeluti Tani dengan sepenuh hatinya maka kerja keras penuh keringat, banting tulang dan kotor tidak menjadi soal, bahkan bisa menjadikan bangga karena bisa memproduksi makanan yang dibutuhkan semua manusia seperti beras, ubi, jagung, kedelai dan kacang, sayuran, buah- buahan dll.

Semua hal itu semua hasil tanaman tersebut merupakan bahan yang digunakan untuk dijadikan santapan dan menjadi menu hidangan setiap menu makanan semua orang.

Semua Orang Butuh Makan

Tidak ada orang yang tidak makan, karena hal tersebut merupakan kebutuhan biologis yang tidak terelakkan. Mengkonsumsi makanan 3 kali dalam sehari, pagi siang dan malam. Bahkan bisa lebih dari itu.

Coba sebentar kita membayangkan jika tidak ada yang mau bertani dalam kehidupan manusia ini sudah pasti suplai makanan akan tersendat bahkan bisa jadi tidak ada suka makanan dan itu akan membuat manusia kebingungan dalam menyediakan makanan dalam kesehariannya.

Mungkin kita banyak uang untuk membeli makanan untuk membeli buah-buahan ketika tidak ada produk dari pertanyaan yang akan dibeli tidak mungkin kita akan makan dari kertas ataupun uang dari logam tentu itu merupakan suatu hal yang gila.

Pekerjaan Yang Paling Mulia di Dunia

Jadi bertani merupakan pekerjaan yang paling penting dan paling mulia. Hal ini sesuai yang disampaikan oleh Mbah Kyai Abdullah yang mempunyai pondok pesantren Salaf di Baron Nganjuk, Jawa Timur. Ia menyampaikan bahwa pekerjaan yang paling mulia di dunia ini adalah bertani.

Maka bagi generasi muda, sebaiknya jangan berfikir yang tinggi sebelum mengerti akan pondasi dasar dari peradaban manusia. Bangsa dengan peradaban yang maju selalu diawali dari kemajuan dalam bidang pertanian.

Dalam falsafah Jawa, kebutuhan makanan menempati pada prioritas kedua setelah “sandang” yakni Sandang, pangan dan papan.

Kebutuhan pangan akan selalu ada selama ada manusia yang hidup di bumi. Prospek pertanian akan selalu cerah karena produknya akan pasti laku dan dibutuhkan oleh siapapun.

Artis secantik apapun, orang sekaya apapun pasti akan lapar jika tidak makan, tentu dengan jenis dan pola yang berbeda dari manusia kebanyakan. Namun pada intinya semua manusia butuh makan. Dari belahan bumi bagian barat hingga manusia di belahan bumi bagian timur.

Mudah- mudahan selalu ada generasi petani yang terus menerus mananam untuk menjadi harapan bagi kebutuhan dasar manusia.