Gestur Pemimpin

Gestur Pemimpin di berbagai belahan penjuru dunia akan berbeda satu sama lain. Tapi hal itu jika Anda peduli dan memperhatikan gerak tubuh pemimpin tersebut. Karena tidak banyak yang peka akan bahasa gestur yang mencerminkan apa yang ada didalamnya.

Dalam kancah internasional, banyak sekali diadakan pertemuan- pertemuan yang mengharuskan terjadinya interaksi antar negara. Dan tentu pasti akan diikuti oleh pemimpin negara tersebut. Dan pasti setiap pemimpin mempunyai cirikhas dan perilaku yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Bahasa Tak Terucap Gestur Pemimpin

Gestur tubuh atau bahasa tubuh erat kaitannya dengan apa sebenarnya sikap seseorang tersebut dalam menghadapi suatu keadaan. Gestur merupakan susunan kalimat yang tidak terucap yang mencerminkan komunikasi seseorang terhadap apa yang sedang di hadapinya.

Sebenarnya setiap manusia mempunyai kepekaan untuk menilai gestur tubuh atau bahasa tubuh. Terbukti ketika kita sedang tidak badmood di hadapan anak kecil maka sedikit banyak sang anak juga merespon dengan berbagai reaksi. Dan tingkat kepekaan tersebut bisa menjadi sangat tajam ketika dewasa dan juga bisa sebaliknya.

Jelang tahun 2024 yang menjadi tahun politik di Indonesia, yang akan diselenggarakan pesta demokrasi 5 tahunan, tentu akan sangat menyedot perhatian banyak pihak. Dan akan menyita banyak waktu dan energi untuk menentukan dan memilih Pemimpin yang sesuai untuk masa depan yang lebih baik.

Gestur Calon Pemimpin merupakan salah satu indikator yang bisa dijadikan patokan untuk memutuskan bahwa pemimpin tersebut mempunyai kepedulian atau tidak, mempunyai jiwa pemimpin atau tidak.

Contoh Gestur Pemimpin yang Bisa Kita Amati

Ketika ada tokoh masyarajat, artis, pejabat, berjumpa dengan petani, rakyat kecil, maka perhatikan bagaimana cara ia menyapa, atau bagaimana cara ia memberikan salam. Bahkan bagaimana cara ia berjabat tangan.

Semua akan bisa dirasakan dengan ketajaman perasaan, bisa di mengerti dengan kepekaan hati akan ketulusan dari orang tersebut.

Cara menyapa anak kecil, dalam pergaulan sehari- hari Anda pasti akan pernah menjumpai orang yang menganggap remeh anak- anak, dan memperlakukan alakadarnya. Tapi pasti ada yang bersikap santu kepada anak- anak sekalipun dan lembut dalam tutur kata dsb.

Gestur Mengandung Pesan

Seorang Pemimpin yang mempunyai banyak urusan dan tanggung jawab, tentu mempunyai pikiran yang sangat kompleks. Dan setiap gerak tubuhnya sangat syarat dengan makna.

Pastinya Anda pernah berjabat tangan dengan Tokoh publik, orang penting, pejabat dan lainnya. Pasti Anda bisa merasakan perbedaan tekanan dalam jabat tangan tersebut, dan Anda pasti bisa merasakan akan ketulusan dari jabat tangan tersebut.

Satu gerakan saja dari gestur bisa meunculkan sejuta makna. Hanya dengan gerakan tangan saja, sudah bisa memunculkan pesan kasih sayang, kebencian, penghinaan atau juga perasaan- perasaan lainnya.

Gestur Tubuh, Pertajam Makna Ucapan

Ilmu Gestur sudah lama ada dan dipelajari, John Bulwer pada tahun 1644, telah merilis kajian tentang gestur. Dan hingga kini lebih berkembang lagi.

Ketika ada tokoh berpidato, tidak jarang terlihat mereka menggerak- gerakkan tangan atau kepalanya, bahkan kakinya. Itulah gestur tubuh yang menguatkan ucapannya sehingga akan lebih masuk ke alam pikiran audiensnya.

Bahkan Salespun Gestur Tubuhnya bisa Terbaca

Ketika Anda hendak membeli barang di mall, membeli produk di toko, atau membeli kendaraan di dealer maka Anda akan berjumpa dengan sales marketingnya yang telihat ramah dan sopan.

Tapi di sela- sela keramahannya maka akan terlihat gestur tubuhnya yang mencerminkan sikap sebenarnya kepada Anda.

Politikus jauh Lebih Ramah

Jika melihat di TV di , media digital, di youtube maka Kita akan disajikan dengan tampilan yang penuh dengan keramahan. Tata bahasa yang baik, penyampaian yang kalem dll.

Maka untuk mengetahui apa yang sebenarnya ada di dalam hati mereka maka bisa Kita perhatikan gestur mereka ketika berpidato, menemui sesorang atau bahkan bertemu dengan rakyat kecil.

Ada yang berjabat tangan dengan tanpa melihat, berjabat tangan dengan tekanan sangat ringan, berjabat tangan dengan satu tangan dll.

Pilih Pemimpin Terbaik

Pemimpin ibarat supir, bagaikan nahkoda kapal, jika salah kita memilih maka tujuan perjalanan tidak akan tercapai dan bahkan kendaraan bisa terbalik dan mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Banyak indokator, untuk menilai seseorang, namun gestur tubuh bisa menjadi indikator yang paling efektif karena tidak bisa di rekayasa, tidak bisa dibuat- buat.