Pantai Klayar Pacitan: Permata yang Terlupakan di Selatan Pulau Jawa

Pantai-Klayar-Pacitan
Pantai Klayar Pacitan: Permata yang Terlupakan di Selatan Jawa

Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur adalah salah satunya tempat rekreasi di Pacitan yang banyak mulai diketahui oleh kelompok pelancong. Pantai Klayar mulai naik namanya dan jadi tujuan berlibur pengunjung sesudah terpampang dalam sosial media dan internet.

Pantai ini masih terhitung dalam serangkaian pantai selatan, hingga tawarkan situasi ciri khas pantai selatan seperti ombak besar, pantai pasir putih, dan rentang pantai yang cantik.

Di pantai klayar Pacitan, ini ditambah dengan rentang alam unik seperti batu karang serupa sphinx. Yah rada-rada serupa begitu dech ya. Letak tebing ini berada di belahan segi samping timur.

Kondisi Pantai Klayar Pacitan

Keadaan alamnya cukup unik dan cantik. Di pantai ini anda dapat nikmati gabungan pantai dengan rentang pasir yang luas, deretan tebing tinggi, dan batu-batuan karang yang membubung. Kekhasan yang lain, di pantai ini ada sela karang alami yang menyembur air. Bila ada ombak besar tiba, air ombat itu terjebak dan menyemburkan ke atas sampai ketinggian 10 mtr.

Lokasi Pantai Klayar Pacitan

Posisi pantai klayar pacitan berada di dusun Kalak kecamatan Donorojo, lebih kurang 35 KM ke barat kota Pacitan. Perjalanan ke sini dapat dilakukan lebih kurang 1 Jam dari kota pacitan. Keadaan jalannya terhitung jalan yang cukup sempit,dengan jalur nya yang berliku dan naik-turun. DI sejauh jalan terdapat banyak bukit-bukit dan barisan goa yang tarik juga.

Beberapa dari bukit di seputar pantai yang dapat di daki oleh pengunjung. Anda dapat mendapati panorama yang lebih baik dan cantik dari ketinggian bukit dan tebing yang berada di seputar pantai.

Tetapi bila mendaki bukit dan tebing di seputar pantai, anda harus waspada. Sarana ke arah pucuk tebing dan bukit, fasilitas keamanan yang ada masih termasuk minim soalnya. Tetapi semuanya terbayarkan dengan keelokan pantai disaksikan dari ketinggian.

Wisata di Pantai Klayar

Pantai ini dapat disebutkan masih lumayan alami, pengunjung juga masih termasuk sedikit. Meski begitu, di tempat ini anda dapat mendapati gabungan keelokan alam pantai yang unik, pasir putih yang halus, dan landscape karang yang unik.

Disamping itu, di pantai ini ada semburan air laut unik yang tercipta secara alami. Kontur tebing yang ubik, di mana ada cengkungan dibagian bawahnya dan rekahan karang mengakibatkan ombak yang tiba tergerak di dalam rekahan ini, dan menyemburkan lumayan tinggi dibarengi dengan suara siulan seperti seruling.

Penting diingat jika pelancong tidak boleh untuk berenang di pantai ini, sebab keadaan ombaknya yang besar dan ada karang yang beresiko bila kita berenang dan terbentur.

Rute Menuju Pantai Klayar Pacitan

Selama ini untuk ke arah posisi anda harus memakai kendaraan individu. Tidak ada kendaraan umum yang spesial ke arah ke sana. Jalur pantai klayar dari solo, anda dapat melalui kecamatan Pracimantoro sampai di pertigaan Giribelah. Disana belok ke kanan sampai datang di perempatan Kalak. Dari sana Pantai Klayar lebih kurang 1 Jam perjalanan kembali.

Jalur pantai klayar dari Yogyakarta, karena itu jalur yang dapat diambil dengan lewat jalur Pathuk – Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Punung – Pantai Klayar.

Nah, bila anda kebenaran liburan ke Pacitan, janganlah sampai terlewat mengunjungi pantai klayar Pacitan ini ya dan juga pantai lainnya yang terkenal akan ombak besar dan pemandangannya yang menggagumkan. Selamat liburan!