2 Karakter Penting Untuk Generasi Maju

Rahasia negara maju yang tidak di ketahui oleh semua orang. Jika Kita melihat Negara Jepang dengan segala kemajuan yang mereka capai, Negara Korea Selatan yang teknologinya tidak bisa di anggap enteng.

Jepang bisa menyamai pencapaian Eropa selama 350 hanya dalam waktu 120 tahun. Dan Korea Selatan bisa menyamai pencapaian Eropa barat selama 300 tahun hanya dengan 60 tahun.

Pencapaian tersebut ternyata ada resep yang mungkin sudah seringkali Kita dengar, namun tidak Kita implementasikan dengan baik, mungkin sudah bosan Kita mendengar teori tersebut, namun Kita tidak mau menerapkan dengan komitmen dan perjuangan.

Ada elemen penting dari suatu Negara, yaitu manusia, semakin bagus manusianya maka akan semakin bagus kemajuan yang akan dicapai negara tersebut. Dan bagus tidaknya manusia tergantung dari pendidikan yang ia dapatkan.

Namun yang harus diingat bahwa “Level pendidikan tidak selalu sama dengan level keterdidikan”. Artinya, bisa saja orang bergelar Sarjana namun tingkat keterdidikannya masih level SLTA.

Pendidikan itu bukan tentang skill, ketrampilan tapi ada satu hal penting yang menjadi pondasi utama yakni karakter, yang mana karakter terbagi dalam dua bagian.

2 Karakter Penting Untuk Generasi Maju

1. Karakter Moral

Karakter moral berkaitan dengan internal manusia yang berkaitan dengan integritas, yakni: Jujur, Berakhlak, Rendah Hati, Beriman.

2. Karakter Kinerja

Karakter Kinerja berkaitan dengan habit seseorang, etos kerja, ketangguhan dan pantang menyerah. Karakter ini tidak datang begitu saja, tapi harus dibentuk dan dibangun lingkungan yang mendukung supaya karakter Kinerja bisa terbentuk.

Ada tokoh besar Bangsa Indonesia yakni Bung Hatta yang menyampaikan bahwa:

“Kunci Negara Maju adalah Pendidikan”

dan itu disampaikan pada tahun 1920 an. Kami tidak bisa membayangkan semaju apa Indonesia jika pendidikan yang baik diterapkan sejak zaman dahulu.

Jadi sudah saatnya untuk segera sadar akan pendidikan yang benar-benar mendidik kearah karakter Moral yang berbudi luhur dan berkarakter inovatif dan tangguh.

Tulisan ini merupakan rangkuman dari wawancara Jaya Suprana dengan Bapak Anies Rasyid Baswedan di akun Tiktok @duta.champlads