Cara Investasi dan 2 Tempat Investasi Emas Terbaik untuk Pemula

investasi emas terbaik-emas-antam

Anda tertarik mau coba investasi emas? Selain harus mengetahui bagaimana cara investasi yang aman, Anda juga harus tahu tempat investasi emas terbaik.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara dan tempat investasi emas yang  aman dan terpercaya, baca ulasannya di bawah ini!

Cara Investasi Emas Terbaik

Memiliki penghasilan tetap bukan jaminan  bahwa masa depan Anda akan terjamin. Salah satu cara untuk menjamin masa depan agar tetap memiliki cadangan dana adalah dengan cara menabung atau berinvestasi. Investasi sangat disarankan ketika memiliki penghasilan tetap, untuk jaga-jaga bila suatu hari terjadi hal buruk menimpa seperti di-PHK.

investasi emas terbaik-emas batangan
investasi emas terbaik-emas batangan

Banyak sekali pilihan jenis investasi yang bisa Anda pilih, dari mulai investasi tanah, deposito, saham hingga emas. Namun, Investasi yang sedang populer kini dan dianggap sangat menguntungkan adalah investasi emas. Pasalnya harga emas selalu naik dan jarang mengalami penurunan, contohnya ketika masa pandemi Covid19 harga emas mengalami kenaikan. Hingga kini emas banyak diburu untuk alat investasi.

Lalu, bagaimana cara investasi emas yang benar untuk pemula, akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Pastikan Tujuan Anda Berinvestasi Emas

Sebelum memulai investasi, lebih dahulu pastikan Anda tahu mengapa memilih investasi emas dan untuk apa? Karena investasi yang aman adalah dengan cara mengetahui dengan jelas tujuannya untuk berinvestasi. Apakah untuk pendidikan, pernikahan atau untuk membuat usaha sendiri sebagai bekal di hari tua.

Mengapa hal itu sangat penting diketahui? Agar Anda bisa mengira-ngira berapa kisaran emas yang harus diinvestasikan setiap bulannya sesuai kebutuhan dan kemampuan.

2. Selalu Pantau Perkembangan Harga Emas

Di zaman sekarang, tidak sulit untuk bisa mencari tahu perkembangan harga emas. Banyak situs-situs dan aplikasi yang menunjukan perkembangan harga emas. Karena meski kerap dianggap alat investasi paling stabil, emas juga kadang mengalami penurunan meski jarang.

Ketika harga emas turun, tidak salah bila mencoba membelinya untuk kemudian dijual ketika harga sedang melonjak tinggi. Namun, sangat disarankan bila ingin investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jangka panjang, seperti 5-10 tahun.

3. Beli di tempat terpercaya

Ada banyak tempat yang menyediakan emas batangan untuk investasi, tetapi sebaiknya beli di tempat resmi dan terpercaya. Toko resmi biasanya ketika membeli diberikan surat-surat dan sertifikatnya. Jangan sampai beli di tempat penjual emas batangan tanpa surat dan sertifikat. Salah satu tempat yang paling direkomendasikan untuk investasi emas terbaik adalah PT ANTAM.

4. Cari tempat penyimpanan yang aman

Salah satu tempat penyimpanan yang aman adalah di rumah dalam safety box atau brankas. Bila dirasa kurang aman, Anda bisa menitipkannya di bank tepatnya di Safe Deposit Box (SDB), tentunya ada biaya tambahan untuk itu.

Harga menggunakan SDB berbeda di tiap bank, selain emas SDB juga bisa digunakan untuk menyimpan surat barang berharga lain atau surat dan sertifikat tanah.

Itulah beberapa tips dan cara berinvestasi yang aman bagi pemula, yang pasti bila Anda ingin mulai berinvestasi harus fokus ke masa depan. Investasi itu untuk jangka panjang jangan ingin buru-buru melihat hasilnya.

Tempat Investasi Emas Terbaik

Setelah memberi informasi mengenai cara investasi yang aman, selanjutnya kami juga akan merekomendasikan tempat untuk berinvestasi emas yang aman.

PT. ANTAM

PT ANTAM adalah tempat  terpercaya yang bisa Anda coba sebagai tempat untuk investasi emas. Karena PT. ANTAM merupakan perusahaan BUMN Indonesia yang sudah terjamin kredibilitasnya.

investasi emas terbaik-emas antam

PT Antam (Aneka Tambang) merupakan salah satu produsen emas resmi dan terpercaya di Indonesia. Emas yang dihasilkan sudah terjamin kemurniannya 99,99% atau 24 karat. Kualitas emas antam sudah diakui secara internasional karena telah mendapat sertifikat dari LBMA (London Bullion Market).

Anda bisa membelinya langsung ke gedung pusatnya atau bisa beli di cabang Antam. Bahkan sekarang Anda bisa berinvestasi emas secara online, ada aplikasinya yaitu Aplikasi Brankas LM.

Dinaran

Kini ada terobosan dalam investasi emas, hanya dengan menggunakan aplikasi berbasis Android, Anda sudah bisa melakukan pembelian emas hanya dengan sentuhan jari saja. Dinaran menjadi salah satu tempat untuk investasi emas terbaik karena banyak sekali kemudahan.

Selain mudah, dengan aplikasi Dinaran ini Anda dapat memantau harga emas secara realtime melalui Handphone Anda. Dan yang paling spesial dari investasi menggunakan aplikasi Dinaran, anda bisa menariknya kapan saja Anda mau. Bisa ditarik dengan ATM debit Dinaran sebagai uang cash atau ditarik sebagai emas fisik.

ATM Debit - Investasi Emas Terbaik - Dinaran
ATM Debit – Investasi Emas Terbaik – Dinaran

Untuk bisa menggunakan aplikasi Dinaran, Anda tidak perlu repot-repot harus datang ke kantor, namun hanya dengan mengisi form di HP maka Anda sudah bisa mendaftar dan mulai menggunakan atau mulai menabung sambil berinvestasi.

Sekian cara investasi aman dan rekomendasi tempat investasi emas terbaik yang dapat kami berikan. Semoga bisa membantu khususnya bagi Anda yang baru mau memulai untuk investasi.