Jangan Langgar, Hewan yang Dilarang Membunuhnya, Kamu Bisa Miskin

Hewan yang dilarang membunuhnya dalam Islam, sampai-sampai Rosululloh SAW bersabda terkait binatang apasaja yang sebaiknya jangan dibunuh karena akan menjadikan rizki menjauh dari Kita.

Dalam sebuah riwayat disampaikan bahwa ada 5 Hewan yang dilarang membunuhnya karena bisa berakibat tidak baik bagi kehidupan Kita. Dan sebaiknya ini benar-benar Kita hindari, karena selain merugikan Kita sendiri, membunuh hewan-hewan ini akan mempengaruhi kestabilan ekosistem alam.

Apajadinya jika ekosistem alam tidak stabil? Ia akan sangat mempengaruhi kepada kehidupan manusia juga. Bagaimana tidak, karena hewan-hewan tersebut juga hidup berdampingan dengan Kita, dan rantai makanannya juga berkaitan dengan rantai makanan manusia. Apabila rantai makanan tersebut terganggu maka sumber makanan manusia akan turut terganggu.

Mari kita singkap rahasia di balik Hewan yang dilarang membunuhnya. Apasaja manfaatnya bagi kehidupan Manusia, bagi kelestarian lingkungan maupun manfaat bagi keberlamgsungan kehidupan di Bumi ini.

Ada 5 Hewan yang Dilarang Membunuhnya

  • Semut
  • Lebah madu
  • Burung Cendet/ pentet
  • Katak
  • Burung Hud- hud

Semut merupakan salah satu Hewan yang dilarang membunuhnya, kenapa demikian? Salah satu pekerjaan Semut adalah menguraikan sisa makanan, menguraikan beberapa jenis sampah-sampah dari manusia.

Meski banyak jenis hewan pengurai sampah, semut juga berperan dalam menguraikan sampah- sampah yang dihasilkan dari kehidupan Manusia. Apajadinya jika tumpukan sampah yang kian meninggi kalau tidak ada yang mengurai? Bisa- bisa lahan kita, taman kita, bahkan rumah hingga diri Kita bisa tertimbun oleh sampah.

Karena peran penting inilah menjadikan semut menjadi salah satu Hewan yang dilarang membunuhnya. Peran yang tidak tergantikan oleh teknologi robot sekalipun, “tugas kerja” yang tidak bisa diwakili oleh manusia secerdas apapun dan hanya sang semutlah yang bisa melakukannya.

Semut yang mempunyai populasi yang sangat banyak dan tidak terhitung jumlahnya ialah contoh koloni kehidupan terbaik yang pernah ada. Senantiasa bergotong royong dan pekerja keras dan suka berbagi kesesama.

Lebah Penghasil Madu

Lebah menjadi salah satu Hewan yang dilarang membunuhnya karena mempunyai keistimewaan tersendiri, yakni bisa menghasilkan cairan madu.

Madu merupakan cairan kental yang mengandung sangat banyak nutrisi dan sangat baik bagi tubuh manusia. Bisa sebagai obat dan bisa juga sebagai penambah stamina dan bagus juga untuk pertumbuhan anak dimasa tumbuh kembang.

Burung Cendet / Penthét

Menjadi salah satu dari Hewan yang dilarang membunuhnya, burung cendet mempunyai peran kehidupan yang cukup vital, khususnya bagi ketersediaan stok pangan manusia.

Tugas atau pekerjaan burung Cendet ialah memakan berbagai jenis hama, ulat, belalang atau hama lainnya yang merusak tanaman. Dengan demikian tanaman pertanian akan berbuah baik dan bisa memenuhi kebutuhan makanan Manusia.

Jangan Sepelekan Katak

Katak adalah Hewan yang dilarang membunuhnya yang hidup di air dan didarat atau ampibi. Dibalik kemampuan menakjubkan dari hidup dua alam Katak, ada peran penting Katak dalam kehidupan Manusia.

Katak menjadi “pembasmi” hewan hama yang ada di dalam air, kalau di udara sudah ada burung Cendet maka di dalam air menjadi tugas katak untuk membersihkannya.

Kita tahu bahwa air yang tergenang akan mudah sekali memunculkan jentik-jentik nyamuk dan juga yang lainnya. Hal inilah yang akan menjadi makanan Katak atau kodok.

Burung Hud-hud yang Istimewa

Burung Hud- hud dikenal sejak dahulu kala pada zaman Nabi Sulaiman. Bahkan hingga kini burung ini menjadi istimewa dan menjadi salah satu dari 5 Hewan yang dilarang membunuhnya.

Di sebuah masjid di Pulorejo, Kedungpanji, burung Hud-hud akan berbunyi bersahutan manakala kenthongan di tabuh. Biasanya ini terjadi pada saat senja atau magrib.

Ada aura magis ketika melihat burung yang satu ini, ada sesuatu yang unik dari burung berwarna hitam kemerah-merahan tersebut.

Itulah ulasan terkait Hewan yang dilarang membunuhnya karena memang sangat bermanfaat dan memegang peran penting dalam keberlangsungan hidup manusia.

Meski demikian bukan berarti Kita boleh membunuh hewan selain 5 itu. Sebaiknya gunakan pikiran logis dan ketajaman nurani untuk berbuat segala macam di Dunia ini agar bisa memberi kemanfaatn bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan.