Desa Kedungpanji, 1 Langkah Lebih Maju

Desa Kedungpanji

Desa Kedungpanji merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan. Sebuah desa yang terletak di Bagian timur dari Kota Magetan.

Jarak dari Kota Magetan sekitar 30 Km, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit menggunakan sepeda motor. Desa ini terbilang ujung dari Kabupaten Magetan, karena memang sudah berbatasan dengan Kota Madiun di bagian timur dan dengan Kota Reog di bagian selatan.

Semenjak ada jembatan yang menghubungkan antara Magetan dan Madiun yang tepatnya di desa Panggih, ekonomi di desa ini terlihat menggeliat karena akses jalan aspal yang lebar sehingga lebih memudahkan angkutan dari dan ke kota.

Balai Desa Kedungpanji
Balai Desa Kedungpanji

Letak Geografis Desa Kedungpanji

Pada bagian timur dari Desa ini terdapat bengawan Madiun yang membatasi dengan kecamatan Kebonsari Madiun.

Pada bagian utara terdapat sungai nggarjo atau Sungai Tegalrejo yang membatasi desa Kedung panci dengan desa semen Kecamatan nguntoronadi Magetan Jawa Timur.

Di bagian barat desa Kedung Panji berbatasan dengan Desa Nguri, yang masih dalam satu kecamatan dengan Desa kedungpanji.

Pada bagian selatan berbatasan dengan Desa Dukuh Kecamatan lembeyan.

Desa ini terbilang sangat luas dengan penduduk yang lumayan padat. Bahkan ketika ada pemilihan kepala desa jiwa pemilih di desa Kedungpanji mencapai 5000 lebih jiwa pemilih.

Sempat ada wacana untuk pemekaran desa, dengan rencana pada bagian utara sungai tetap bernama lama, sedangkan pada bagian selatan sungai namanya desanya akan menjadi Desa Pulorejo.

Namun wacana pemekaran desa kedungpanji hingga saat ini masih belum ada perkembangan lebih lanjut. Karena masih ada tarik ulur dari berbagai tokoh masyarakat setempat.

Potensi Usaha dan Bisnis

Desa Kedungpanji merupakan desa yang sangat potensial dari segi pertaniannya. Tanah di daerah ini sangat subur dan para petani juga sangat kreatif. Banyak ragam pertanian di desa Kedungpanji yang pernah menjadi primadona dan mempunyai kualitas yang sangat bagus. Di antaranya, tanaman buah melon, buah semangka  pisang, cabe hingga padi.

Desa Kedungpanji-tanaman padi
Desa Kedungpanji-tanaman padi

Bidang peternakan juga menjadi salah satu usaha penduduk Desa Kedungpanji. Ternak ayam pedaging, ayam kampung, ayam bangkok, ternak kambing dan juga sapi.

Kantor pemerintahan desa terletak di tengah-tengah wilayah desa dan bisa diakses dengan mudah dari berbagai penjuru Kedungpanji.

Dalam bidang pendidikan di Desa ini tergolong maju zaman. Sejak dulu di desa ini terdapat 3 pondok pesantren yang masing-masing mempunyai banyak santri dari luar daerah.

Berikut ini 3 Pondok Pesantren

Pondok pesantren Panji, terletak di Dusun Panji yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Kebonsari. Dan saat ini antara desa Kedungpanji dan desa panggih Kecamatan Kebonsari sudah ada jembatan yang sangat besar yang dibangun oleh Pakde Karwo, sehingga mobilitas penduduk desa Kedungpanji banyak yang ke arah Madiun dan ke Ponorogo.

Yang kedua pondok pesantren Subulunnajjah, pondok pesantren Subulunnajjah berada di dukuh Ngasinan, Dusun Dinginan.

Pondok pesantren ini banyak mempunyai santri dari berbagai daerah dari luar Kedungpanji, hingga kini pondok pesantren Subulunnajjah masih tetap eksis dan masih banyak mempunyai santri Putra maupun santri putri.

Yang ke-3 adalah Pondok Pesantren Roudlotul Huda yang mana pondok pesantren Raudlotul Huda terletak di Dusun Pulorejo desa Kedungpanji. Ponpes Roudlotul Huda tergolong lebih maju dibandingkan dengan kedua Ponpes yang lainnya.

Desa Kedungpanji

Karena di Ponpes Roudlotul Huda sudah ada sekolahan umum yakni TK, SMP, dan SMK. SMK Roda yang menitikberatkan pada pendidikan moderen dan sesuai dengan perkembangan era digital saat ini.

Artinya jika anak atau putra-putri Anda mondok di pesantren Raudlatul Huda tidak perlu khawatir akan pelajaran umum, karena di pondok pesantren ini sudah sangat lengkap, selain itu guru-guru pengajarnya juga sudah mempunyai kredibilitas dan kualitas yang tidak diragukan lagi.

Desa Kedungpanji

Kepala Desa di Kedungpanji

  1. Bpk. Sayuti
  2. Bpk. Sumiran
  3. Bpk. Sugeng, yang menjabat hingga sekarang (tahun 2022)

Demikian artikel tentang Desa Kedungpanji, tentu masih banyak kekurangan dan mungkin salah dalam mengetik maka dari itu dengan tangan terbuka kami menunggu kritik, saran dan juga komentar sebagai masukan untuk koreksi dalam menyempurnakan artikel ini.