Pendidikan Anti Korupsi, 1 Tindakan Merubah Segalanya

Pendidikan Anti Korupsi

Mungkin saat untuk menerapkan pendidikan anti korupsi sejak dini. Supaya anak cucu penerus Kita terhindar dari “wabah” kronis perilaku korup.

Perilaku korup yang menggerogoti secara sembunyi akan merusak dan menghancurkan. Merusak tatanan, merapuhkan bangunan, dan akhirnya menenggelamkan kapal. Memang dahsyat dampak negatif korupsi terhadap ketahanan suatu lembaga hingga negara.

Kenapa di Indonesia Banyak terjadi Korupsi?

Apa sebenarnya yang menyebabkan Koruptor tega melakukan itu? Apakah mereka dulu tidak di didik akhlak, tidak diajari mana baik dan mana yang tidak baik. Rasa-rasanya lebih dari pendidikan yang cukup, karena rata² mereka berpendidikan tinggi dan bergelar wah..

Okelah, kita tidak usah bahas terkait dengan apa yang dilakukan oleh koruptor. Karena sudah ada lembaga yang menanganinya. Alangkah baiknya fokus kita terhadap generasi muda. Bagaimana akar atau bibit sifat korup yang harus kita hilangkan dari anak- anak Kita.

Budayawan dan Kiyai Emha Ainun Nadjib mengibaratkan koruptor itu ibarat kucing yang manis dan santun di depan orang namun mencuri ketika sepi.

Seperti Apa Pendidikan Anti Korupsi Itu?

Perilaku jujur harus kita tanamkan pada anak- anak. Jangan biarkan ada sedikit saja perilaku yang tidak jujur pada mereka. Mungkin berbohong dalam hal sepele, namun itu akan tertanam dibawah sadarnya dan akan sulit untuk di hilangkan.

Memang tidak mudah untuk melatih anak untuk tidak berbohong, karena terkadang sebagai orang tua keceplosan tanpa sadar telah mengajari anak untuk tidak jujur.

Jadi, kuncinya dalam pendidikan anti korupsi adalah melatih jujur dimanapun dan kapanpun, dalam hal apapun. Sepintas terlihat mudah untuk memberikan pengajaran jujur, tapi belum tentu semua orang tua bisa melakukannya.

Akhir kata selamat untuk para orang tua yang sudah berhasil menancapkan sifat jujur pada anak. Karena itu bisa jadi hal tersulit pada zaman dan iklim yang sudah carut marut seperti ini.

Peran Orang Tua yang Utama

Peran orang tua sangatlah vital karena sebagai contoh terdekat dari buah hati. Tatkala ada kesalahan yang dilakukan orang tua maka jangan heran jika sang anak akan meniru dan mengikutinya.

Mudah- mudahan kita sebagai Ayah atau Ibu, tidah salah langkah dalam memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak termasuk memberikan Pendidikan Anti Korupsi sejak usia dini. Karena masa depannya akan ditentukan dari sekarang.