Manusia dan Pendidikan, Info Penting

Manusia dan Pendidikan
Manusia dan Pendidikan

Manusia dan pendidikan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan. Karena memang semenjak terlahir ke Dunia, sadar tidak sadar mengalami pendidikan. Baik yang di dapat dari Ayah Ibunya maupun yang peroleh dari lingkungan dimana ia tinggal. Perkembangan peradaban klasik hingga zaman digital sekarang ini tidak terlepas dari peran pendidikan yang baik.

Manusia adalah makhluk terbaik yang pernah ada, master piece. Makluk makro yang terkandung didalamnya segala unsur alam di dalam dirinya. Manusia yang mempunyai nenek moyang Adam AS memberikan banyak keturunan hingga saat ini mencapai 7 milyar manusia di Dunia.

Apa Tujuan Manusia Di Bumi ini?

Manusia ada di bumi sudah jutaan tahun bahkan milyaran tahun yang lalu. Sudah jutaan generasi dan tak terhitung generasi manusia yang pernah ada. Kita belum tahu pasti Kapan kehidupan di Bumi pertama kali ada. Namun yang jelas Kita bisa membaca rujukan hidup manusia yakni Kitab suci yang mana menceritakan asal muasal manusia.

Di ceritakan bahwa nenek moyang manusia yakni Nabi Adam AS dulu tinggal di syurga. Karena adalah “kesalahan” yang dilakukannya maka ia dikeluarkan dari syurga dan diturunkan ke bumi. Semenjak itu manusia mulai berkembang di Bumi hingga sekarang yang populasinya sangat besar. Terdiri dari berbagai Ras dan banyak Bangsa – bangsa yang tersebar di seluruh bagian belahan Bumi ini.

Apa kaitannya manusia dan pendidikan ?

Manusia terlahir ke dunia dalam keadaan lemah dan belum bisa apa- apa. Sedikit demi sedikit ia belajar dari Ibu Bapaknya kemudian mulai masuk ke pendidikan formal yang kita kenal sekarang ini. Hubungan Manusia dan pendidikan sangatlah erat, karena apa saja yang diketahui berdasarkan dari apa yang ia lihat dan apa yang ia dengar.

Dalam hal kaitan manusia dan pendidikan kita tentu mengerti akan pentingnya pendidikan bagi peningkatan standar hidupnya. Bagi seni budaya, bahkan hingga peradaban Manusia itu sendiri. Yang mana, apa saja pekerjaan manusia membutuhkan ilmu agar bisa melakukan kegiatannya dengan baik. Semakin tajam ilmu maka akan semakin bernilai kehidupan manusia.

Sampai Kapan Manusia Harus Mendapatkan Pendidikan ?

Jika kita sepakat untuk menyamakan antara pendidikan dan belajar maka, kewajiban manusia untuk memperoleh pendidikan adalah seumur hidup. Bukan berarti sampai usia tua kita harus bersekolah, namun Manusia wajib terus menerus belajar hingga akhir hayat.

Jadi, sadar maupun tidak sadar kita senantiasa belajar. Mengamati alam sekitar, melihat hewan dan lainnya maka kita bisa mendapatkan ilmu yang bisa menjadikan ilmu bagi manusia.

Apa Manfaat Pendidikan Bagi Manusia?

Sejuta manfaat pendidikan bagi manusia, dari masa kanak- kanak hingga usia lanjut. Manusia melakukan pekerjaan sehari, bekerja, berkarya, kebudayaan, kesenian yang secara akumulasi akan membentuk suatu peradaban Manusia.

Sangat jelaslah akan kaitan manusia dan pendidikan yang tidak bisa terpisahkan antara keduanya. Apalagi pendidikan akhlak yang akan sangat menentukan kebaikan hubungan manusia satu dengan lainnya.

Dalam sebuah hadits dikatakan “Tuntutlah ilmu walau di negeri Cina”. Artinya kita harus berusaha mendapatkan pendidikan dimanapun berada. Tidak mengenal tempat dan tidak mengenal waktu dengan terus mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Dengan demikian maka kemaslahatan kehidupan manusia akan tercipta.

Dengan adanya pendidikan, maka berkembanglah tata cara bekerja, perilaku hidup, pola mengembangkan kesenian dll. Semua lini kehidupan, segala macam sendi kebudayaan terpengaruh dari pendidikan.

Kesimpulan dari manusia dan pendidikan yaitu tidak bisa terpisah dan akan saling berhubungan. Orang yang berpendidikan akan mempunyai derajat yang tinggi. Pribadi yang berilmu akan berguna bagi lingkungan, negara dan bangsa.

Semakin tinggi kualitas pendidikan manusia maka menjadikan maju dan bermutu. Berkembang dan terus tumbuh berkat adanya pendidikan. Maka jangan abai dalam hal mendapatkan pendidikan. Dengan harapan generasi manusia akan semakin berperadaban baik.