Bulan Ramadhan 2023, 1444H

Bulan Ramadhan 2023
pic: tribunnews.com-Bulan Ramadhan 2023

Bulan Ramadhan 2023, 1444H Sebagaimana dikutip dari setkab.go.id bahwasanya Kementerian Agama Republik Indonesia menyatakan bahwa awal Ramadan tahun 1444 Hijriyah jatuh pada tanggal 23 Maret 2023.

Malam ini tanggal 22 Maret 2023 sudah mulai melakukan ibadah salat tarawih untuk yang pertama kali di tahun 1444 Hijriyah ini. Dan insya Allah esok hari kita sebagai umat muslimin akan melaksanakan ibadah puasa wajib di bulan Ramadan.

Satu Ramadhan 1444 H, 23 Maret 2023

Terdapat 5 hal penting yang perlu diperhatikan ketika melaksanakan ibadah puasa Ramadan, agar mendapatkan pahala puasa dan tidak sia-sia puasanya.

Seperti yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad LC yang menyampaikan bahwa orang puasa bisa saja hanya mendapatkan lapar dan haus ketika tidak menjauhi lima hal dalam bulan Ramadan.

Lalu apa saja lima hal yang menyebabkan pahala puasa tidak didapatkan.

  • Sumpah Palsu
  • Berbohong
  • Ghibah (membicarakan aib orang lain)
  • Namimah (mengadu domba)
  • Memandang lawan jenis dengan syahwat

Kenapa Kita Harus Berpuasa?

Jadi ada hal penting juga dalam puasa ini, yang mengajarkan kita untuk mempunyai kepedulian kepada sesama, sebagaimana dalam hadis yang berarti demikian.

Kalian tidak diakui sebagai orang beriman sampai kau sayang saudaramu sama seperti sayang kepada diri sendiri.

Pahala Terbesar dalam Bulan Ramadhan

Siapa yang menyiapkan buka puasa untuk orang yang berpuasa maka pahalanya sama seperti melakukan puasa itu sendiri.

Dan masih banyak amalan-amalan bulan ramadhan yang bisa dilakukan agar bisa maksimal dalam menyambut bulan ramadhan ini.

Niat Puasa Ramadhan

Niat Puasa Ramadhan Setiap Malam

Niat puasa ramadhan harus di niatkan pada setiap malam, karena niat merupakan salah satu rukun puasa, yang mana jika tidak niat puasa dimalam hari maka puasanya tidak sah.

Bulan Ramadhan 2023
Bulan Ramadhan 2023

Lalu Bagaimana Jika Lupa Tidak Niat?

Untuk antisipasi jika kelupaan niat puasa ramadhan maka bisa melafalkan niat puasa untuk satu bulan yang di niatkan pada malam pertama bulan ramadhan.

Bulan Ramadhan 2023
Bulan Ramadhan 2023

Demikian artikel seputar Bulan Ramadhan 2023, semoga lebih khusyu’ dan mendapatkan pahala puasa. Dan puasa ramadhan dilaksanakan selama selama sebulan bisa penuh kita lakukan.