Stop Berisik, Setting Limit Alarm Listrik Pulsa Dengan 1 Langkah Mudah

Kemudahan Seringkali diiringi dengan ketidaknyamanan. Karena adanya gangguan bunyi tit-tit ketika Limit Alarm Listrik Pulsa tersentuh. Hal itu bisa di atasi dengan beberapa setingan yang harus dilakukan.

Teknologi meteran yang analog kini perlahan beralih ke teknologi yang lebih moderen, perkembangan teknologi ini demi mendapatkan kemudahan antara penyedia Listrik PLN dan Konsumen listrik.

Kebutuhan listrik merupakan hal yang sangat utama, listrik sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Listrik sudah menjadi bagian dari kebudayaan manusia dan listrik merupakan salah satu kemajuan teknologi yang fenomenal.

Listrik bisa didapatkan dari berbagai macam sumber, bisa dari genset, aki, PLN hingga PLTS (Pembangkit listrik tenaga surya) secara mandiri.

Dan ketika Anda menggunakan listrik PLN maka harus menggunakan meteran listrik atau yang dikenal dengan meteran Kwh listrik dari PLN yang mana ada setingan limit alarm listrik pulsa untuk memberitahukan bahwa pulsa listrik akan segera habis.

Berbeda halnya jika menggunakan listrik tenaga surya yang bisa di bilang free energy dan tiada tagihan bulanan. Hanya saja biaya pengadaan perangkat dan alat yang digunakan di awal lebih besar dibandingkan dengan pemasangan awal dengan menggunakan jaringan listrik PLN.

Limit alarm listrik pulsa standart dari PLN adalah 20 kWh, dan ketika pulsa tinggal 20 meter maka bunyi alarm akan muncul sebagai peringatan bahwa token harus segera diisi agar tidak sampai kehabisan pulsa dan mati lampu.

Saat ini menggunakan meteran listrik prabayar sudah mulai banyak digunakan, karena tidak ada biaya beban pemakaian yang kenakan, pelanggan listrik hanya mengisi token dan listrik bisa menyala.

Namun ada permasalahan dengan limit alarm listrik pulsa yang sering menjadi perhatian warga karena dinilai terlalu dini alarm berbunyi padahal pulsa listrik masih bisa digunakan untuk beberapa hari. Memang maksudnya bagus, karena sebagai antisipasi agar tidak terputus dalam menggunakan listrik.

Setting Limit Alarm Listrik Pulsa

Meski bunyi alarm yang tidak keras namun jika terus-menerus berbunyi akan terasa mengganggu juga. Maka dari itu perlu untuk mensetting ulang limit alarm listrik pulsa agar sesuai dengan kebutuhan.

Kebutuhan listrik rumah tangga sederhana biasanya berkisar 4 meter dalam sehari semalam, artinya jika alarm berbunyi di angka 20 meter maka berati empat hari menjelang habis alarm sudah memberi peringatan agar segera melakukan isi ulang pulsa listrik.

Namun beberapa orang menilai limit alarm listrik pulsa 20 meter masih terlalu cepat, dan mereka menginginkan limit 10 meter atau 5 meter saja.

Kode Dial Setting Limit Alarm Listrik Pulsa

Untuk mensetting limit pulsa listrik sesuai yang diinginkan adalah cukup mudah, hanya dengan menekan tombol 45605 jika ingin limit 5 meter. Atau dengan rumus tombol 456+limit yang diinginkan, seperti contoh berikut:

45610 = untuk limit 10 meter
45615 = untuk limit 15 meter
45620 = jika ingin limit 20 meter.

Kode dial tersebut diatas bisa dilakukan pada beberapa merk Kwh listrik yang digunakan. Meski ada beberapa merk yang tidak menggunakan itu.

Setelah setting limit alarm listrik pulsa dilakukan dengan benar maka tidak lagi bising karena bunyi nit-nit yang terlalu dini berbunyi. Dan Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Mematikan Bunyi Alarm tanpa Setting

Sebenarnya bisa saja mematikan bunyi alarm tanoa memencet tombol 456 yang disertai limit pulsa. Yakni dengan menekan tombol acak di meteran listrik PLN. Dengan demikian maka bunyi akan hilang, meski tidak lama kemudian akan bwrbunyi kembali.

Bijak Dalam Menggunakan Listrik

Populasi penduduk yang terus meningkat menjadikan kebutuhan listrik turut membesar. Maka dari itu bijak dalam menggunakan listrik akan menjadi pemanfaatan energi listrik menjadi lebih efisien.

Limit Alarm Listrik Pulsa
Limit Alarm Listrik Pulsa

Apalagi listrik yang bersumber dari bahan bakar fosil yang konon katanya kian menipis. Meski ada alternatif energy terbarukan yakni listrik tenaga matahari yang unlimited. Namun pengadaan batrai juga terbilang masih cukup mahal.

Selain itu masa pakai batrai juga terbatas dan perlu juga adanya penggantian dalam periode tertentu.

Limit Alarm Listrik Pulsa pada PLTS

Mungkin kedepan juga akan ada setingan limit penggunaan listrik PLTS agar lebih memperpanjang usia pemakaian batrai. Karena dengan penggunaan listrik yang tepat akan bisa menekan biaya operasional dalam pengadaan listrik tenaga matahari.

Saat ini listrik dengan solar sistem menjadi primadona, terlebih dengan adanya kenaikan energi bahan bakar fosil yang terus saja terjadi dari tahun ke tahun.