Acara Di Telaga Sarangan, Pasti Heboh

Acara Di Telaga Sarangan
Foto: Harian Jogja

Acara Di Telaga Sarangan yang selalu di adakan setiap tahun di tempat wisata Danau Sarangan banyak menyedot perhatian warga Magetan dan sekitarnya.

Wisata Andalan Kabupaten Magetan

Telaga Sarangan merupakan tempat wisata iconic Kabupaten Magetan, yang mana letaknya ada di perbatasan antara Jawa Timur bagian barat dan Jawa Tengah bagian timur.

Jika Anda akan menuju Telaga Sarangan dari Jawa Tengah maka sebaiknya melalui Karang anyar, karena rute terdekat menuju tempat wisata tersebut adalah Kabupaten karang anyar. Dan jika anda berangkat dari Jawa Timur maka rute terbaiknya adalah melalui Kota Magetan.

Ada acara ritual yang menjadi event penting tahunan yang berada di Telaga Saragan. Pada saat acara di Telaga Sarangan biasanya akan ramai pengunjung, oleh karena itu Anda harus jauh- jauh hari mempersiapkan agenda di wisata Sarangan, termasuk booking hotel yang ada di kawasan wisata telaga ini.

Berikut ini Acara di telaga Sarangan Tahunan

  • Labuh Sesaji
  • Pesta Kembang Api

Labuh sesaji

Ritual ini pada dasarnya sebagai wujud dari rasa syukur kehadirat yang Maha Kuasa atas segala limpahan karunia dan rizkinya. Dan bukan bertujuan untuk apa- apa selain untuk menunjukkan secara nyata akan rasa syukur dan rasa berterima kasih kepada Tuhan pencipta alam.

Ritual ini di laksanakan biasanya pada awal tahun. Acara tersebut di prakarsai oleh pemerintah Kelurahan Sarangan dan dibantu oleh warga sekitar. Mengutip sumber dari FB Kelurahan Sarangan, labuh sesaji di Telaga Sarangan akan di laksanakan pada tanggal 17 s/d 18 Maret 2022. Tentu dengan prokes yang ketat demi menjaga kesehatan bersama. Dalam acara ini akan dibuat tumpeng besar atau bisa dibilang dengan tumpeng raksasa yang menjadi inti dari acara Larung sesaji di telaga Sarangan ini.

Pesta Kembang api

Event ini dilaksakan pada malam pergantian tahun baru. Pesta Kembang api ini di adakan untuk memeriahkan dan sebagai sarana untuk meningkatkan kecintaan terhadap wisata lokal, serta sebagai ajan promosi akan keberadaan Telaga Sarangan untuk bisa menjangkau turis manca negara.

Ledug Sura,  Acara di telaga Sarangan yang satu ini berbeda dengan acara pergantian tahun baru masehi, ritual ini biasanya dilaksanakan pada melam perantian tahun baru hijriah, yakni malam satu suro. Jadi acara ini berpatokan pada tanggal hijriah