Pilih Lomba Kemerdekaan yang Bermartabat, Jaga Marwah dan Tidak Lembek

Lomba 17 Agustus yang meriah sudah menjadi “ritual wajib” disaat peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus 1945. Warga di kota-kota hingga pedesaan sangat antusias tatkala mengikuti even kemerdekaan yang di adakan setiap tahun.

Dengan tujuan untuk mengenang arti perjuangan yang dengan jerih payah, keringat dan darah pahlawan yang gugur saat melawan penjajah. Sangat penting untuk memperingati hari yang sangat bersejarah ini, karena sejarah merupakan pijakan awal untuk menentukan langkah masa depan yang lebih baik.

Melihat kebelakang, mundur kebelakang adalah hal yang tidak kalah penting daripada maju kedepan, karena tanpa mengerti akan sejarah maka jatidiri sebagai Bangsa akan kabur.

Pemain bola yang melakukan tendangan pinalty akan mengambil beberapa langkah kebelakang sebelum melakukan tendangannya, hal demikian sebagai analogi atau contoh agar mendapatkan hasil yang baik dan maksimal. Dengan mengingat sejarah maka akan bisa lebih memaknai arti kemerdekaan dan mengisinya dengan hal- hal yang bermanfaat dan inovatif bagi kemajuan Bangsa.

Kreatifitas Lomba

Keunikan dan ragam perlombaan merupakan hal yang harus ada untuk meramaikan dan menambah kesan semarak. Serba- serba media dan sarana juga bisa menggunakan apasaja.

Meski demikian ada hal- hal yang harus diperhatikan dan dicermati agar ada efek manfaat setelah lomba. Ada makna yang tersirat sehingga tertanam dan terpatri didalam bawah sadar, sehingga dapat membentuk karakter Manusia yang Kesatria, pantang menyerah dan Sehat.

Tidak lantas hanya karena mengejar ragam kreatifitas namun mengeyampingkan akan pokok- pokok penting sebagai manusia yang pada fitrahnya mempunyai martabat dan derajat yang tinggi.

Biaya Even Lomba

Semua orang pada dasarnya menyukai kebaikan dan kemanfaatan, namun terkadang terbentur dengan kemampuan finansial yang terbatas. Hal itulah yang kadang membatasi kreatifitas dan menjadi asal kreatif.

Belakangan ini acara lomba diadakan per-RW (Rukun Warga) dan dana yang digunakan dikumpulkan dari iuran warga.

Lomba yang Bermutu

Nilai kemanfaatan lomba bisa diukur dengan beberapa indikasi, apakah lomba memerlukan stamina, kelincahan, atau juga memerlukan kecerdasan. Hal- hal tersebut akan menentukan kualitas lomba yang akan di selenggarakan.

Karena perlombaan pada dasarnya mengadu kemampuan, baik kemampuan fisik maupun kemampuan berfikir. Sehingga diharapkan dapat menjadikan pemacu semangat untuk menjadi lebih baik dalam berkehidupan keseharian.

Manfaat Lomba

Perlombaan yang baik akan bisa bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani dan tidak asal ada lomba, tidak hanya memeriahkan namun juga mengandung nilai martabat kemanusiaan yang luhur.

Perlu adanya kontribusi para tokoh masyarakat dan pemerintah setempat, agar arah dan kualitas lomba bisa membawa manfaat bagi masyarakat secara luas.

Sudut Pandang Kemanusiaan

Dari pantauan JABARALA.COM ada beberapa lomba yang kurang cocok dengan pendidikan karakter, misalnya sepak bola menggunan daster, Bapak- bapak minum dari dot bayi dll.

Artinya hal- hal tidak patut dilakukan oleh Manusia Kesatria sebaiknya jangan dilakukan, karena sedikit banyak akan tertanam di alam bawah sadar peserta lomba maupun penontonnya.

Dan yang paling disayangkan adalah Jiwa Kesatria anak- anak Kita yang terkikis dan menjadi lembek sehingga rawan menjadi laki- laki yang feminin. Apa jadinya jika anak laki- laki Kita bertingkah seperti Wanita, akan kacaulah martabat manusia yang akhirnya kacaulah generasi penerus Bangsa.

Dasar- dasar Penting dalam Perlombaan

Sekali lagi, penting untuk merumuskan rangkaian lomba yang bermutu dan bermanfaat dalam jangak pendek maupun jangka panjang. Meski hal itu tidak mudah dilakukan dan menggunakan anggaran yang relatif banyak. Namun jika memikirkan akan manfaatnya maka besaran dana tidaklah sebanding dengan manfaat baik yang akan didapatkan.

Faktor fundamental yang sebaiknya dijadikan sebagai acuan dalam menyusun perlombaan hari kemerdekaan maupun lomba- lomba hari- hari besar lainnya.

  • Stamina
  • Ketangkasan atau kelincahan
  • Kecerdasan dan
  • Konsentrasi

Kiranya empat hal diataslah yang sangat penting untuk membangun generasi agar menjadi Kesatria, lincah, cerdas dan fokus. Karena hal- hal tersebut mampu membentuk Manusia yang unggul dan berprestasi.

Dengan lomba yang berkualitas maka akan bisa membentuk karakter anak- cucu menjadi lebih baik dan handal. Bukankah hal demikian yang diharapkan oleh sang Orang Tua yang sayang terhadap anaknya.