2 Cara Mempercepat Upload File di Google Drive, Mak Wuss !

Cara Mempercepat Upload File di Google Drive

Cara mempercepat upload file di google drive yang harus diketahui agar bisa menghemat waktu dan menjadikan pekerjaan lebih cepat.

Google Drive sangat banyak gunanya, misalnya untuk simpan file, simpan Mp3, simpan data, berkas, bahkan kirim video dengan ukuran besar juga bisa menggunakan Google Drive.

Dan untuk menggunakan Google Drive wajib mempunyai Gmail, dan untuk membuat Gmail dengan cepat bisa dilakukan tanpa menggunakan nomor telephone.

Cara Mempercepat Upload File di Google Drive

Kecepatan upload ke internet dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya:

  1. Jenis jaringan
  2. Kecepatan koneksi internet
  3. Jenis jaringan
  4. Kompatibilitas Gadget
  5. Kepadatan lalulintas koneksi

Jaringan internet ada dua macam

  • Jaringan Nirkabel
  • Jaringan internet kabel

Jaringan internet Nirkabel (tanpa kabel) merupakan jaringan interner berbasis sinyal, pancaran sinyal yang kemudian di terima oleh pelanggan. Contoh jaringan internet nirkabel seperti, Telkomsel, XL axiata, Smartfren, By U, Indosat, Axis dll. Semuanya itu menggunakan teknologi jaringan nirkabel.

Jaringan Nirkabel, mudah dalam proses pemasangannya atau penggunaannya. Kita cukup dengan membeli kartu perdana dan kemudian registrasi lalu daftarkan paket internet, dan sudah bisa digunakan.

Namun jaringan nirkabel tidak efektif di daerah pedesaan, karena masih banyak pohon besar yang bisa menghalangi sinyal nirkabel untuk bisa masuk. Tentu itu mempengaruhi kecepatan koneksi internet.

Jaringan internet kabel

Internet menggunakan kabel, sudah ada lebih dulu dan pada satu dekade yang lalu internet kabel merupakan pilihan internet yang paling bagus.

Cara Mempercepat Upload File di Google Drive
Cara Mempercepat Upload File di Google Drive-router

Interner kabel merupakan jaringan internet berbasis kabel. Jadi, untuk bisa menggunakan internet maka harus memasang kabel sebagai jalur koneksi internetnya.

Pada jenis internet ini cenderung lebih stabil, karena pelanggan bisa langsung terhubung ke server penyedia layanan dengan melalui kabel tanpa terpengaruh oleh cuaca maupun kondisi geografisnya.

Namun pemasangan jaringan internet menggunakan kabel cenderung lebih mahal, dan tergantung dari jarak tempuh yang dilewati kabel.

Untuk pemasangan internet dengan jaringan kabel di pedesaan dengan jarak dari pusat server 500 meter, membutuhkan biasa Rp. 750.000.

Karena koneksi yang stabil dan harga paket kuota internet bulanan yang miring, maka banyak masyarakat di pedesaan melakukan pemasangan wifi dengan menggunakan kabel, direct ke pusat reseller internet.

Kecepatan koneksi internet bervariasi ada 1 MBps, 2 mbps, hingga 100 mbps. Untuk koneksi perumahan biasanya di angka 5 s/d 10 mbps. Semakin tinggi angkanya maka akan semakin tinggi tarifnya.

Jadi, cara mempercepat upload file di google drive

  1. Percepat koneksi
  2. Cari jam sepi lalulintas
Cara Mempercepat Upload File di Google Drive
Cara Mempercepat Upload File di Google Drive

Jam sepi lalu lintas biasanya di atas jam 12 malam, jam- jam tersebut lalulintas koneksi internet sudah sepi sehingga memungkinkan untuk bisa uploas file ke Drive Google dengan lebih cepat.

Demikian cara mempercepat upload file di google drive yang bisa dilakukan, semoga bisa menambah wawasan dalam dunia teknologi digital.