Karir, Tips  

1 Cara Mengirimkan Email Lamaran Kerja, Bisa Keterima Langsung

Cara Mengirimkan File Besar Lewat Email
Gambar: Dean Norris Pixabay

Di zaman sekarang orang harus tahu cara mengirimkan email lamaran kerja karena untuk saat ini. Apa saja bidang apa saja harus dengan menggunakan teknologi digital. Yang memungkinkan untuk tidak bertemu bertatap muka.

Beda dengan dulu, kalau duluan mengirimkan lamaran harus dengan datang ke kantornya sendiri, harus membuat tulisan diatas kertas, harus memasukkannya ke dalam amplop, seperti  fotokopi ijazah, fotokopi ktp, fotocopy sim, fotokopi surat pengalaman kerja dan lain sebagainya.

Cara Mengirimkan Email Lamaran Kerja yang efektif

Cara Mengirimkan Email Lamaran Kerja
Cara Mengirimkan Email Lamaran Kerja

Akhir-akhir ini mulai marak dilakukan mengingat terjadinya pandemi yang berkepanjangan ini mulai jadi di awal 2021, yang mana orang tidak boleh keluar dengan sembarangan orang harus mematuhi protokol kesehatan, harus memakai masker, pergerakan terbatas dan masih banyak lagi yang harus kita taati misalnya tidak boleh keluar kota, tidak boleh berpergian jauh dan lain sebagainya.

Padahal kebutuhan kita untuk makan kebutuhan untuk minum atau katakanlah kebutuhan dapur harus ada, maka dari itu bagaimana caranya untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan tersebut meskipun di dalam masa yang sulit seperti ini. Maka dari itu kami mencoba memberikan panduan tentang Cara Mengirimkan Email Lamaran Kerja.

Urutan Dokumen Lamaran dalam Email

Sebenarnya mengirimkan email kerja cukuplah  mudah, yang sulit adalah susunan lamaran kerjanya seperti apa, rangkaian dokumen lamaran kerjanya harus bagaimana itu yang harus dipertimbangkan.

Untuk mengirimkan sebuah email kita harus memberikan judul email atau catatan email, akan jenis lamaran kerja karena ketika hrd  di sebuah perusahaan membuka emailnya pasti yang masuk akan sangat banyak emailnya di dalamnya.

Maka dari itu penting rasanya untuk menandai atau memberi judul email dengan kata-kata yang jelas. Bisa dengan menuliskan lamaran kerja atas nama ini untuk melamar bagian ini dan untuk periode ini.

Ada beberapa tahapan harus dilakukan ketika ingin cara mengirimkan email lamaran kerja

  • Kita harus tahu  secara detail alamat email yang valid dari sebuah perusahaan, Jangan sampai salah mengambil email kita sebenarnya ingin menginginkan email hrd dan ternyata yang kita ambil ternyata adalah email administrasi tentu tidak nyambung jadinya.
  • Yang kedua adalah kita persiapkan dokumen-dokumen untuk menyusun lamaran kerja

Seperti halnya membuat lamaran kerja secara fisik sama halnya dengan Cara Mengirimkan Email Lamaran Kerja. Adalah dengan menyusun dengan susunan pdf yang di jadikan satu file dan diberi judul. Agar mudah nantinya hal itu dibuka dan dibaca oleh hrd sebuah perusahaan yang memberikan lowongan kerja.

Setelah dokumen-dokumen yang diperlukan terkumpul atau tersedia maka kita bikin lamaran seperti biasanya.

Cara mengirimkan email lamaran kerja Seperti membikin lamaran kerja secara pada umumnya, jadi kita mengetik lamaran kerja dan daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, fotokopi surat keterangan kerja dan dokumen dokumen pendukung lainnya kemudian dokumen dokumen tersebut kita foto satu persatu dengan jelas. Jangan sampai terlihat buram, kemudian kita sesuaikan urut-urutannya sebelum kita jadikan file pdf.

Berikut ini Cara Mengirimkan Email Lamaran Kerja dengan urutan menyusun file pdf lamaran kerja

  1. Yang pertama adalah foto, foto anda harus jelas.
  2. Yang kedua fotokopi ktp
  3. Kemudian yang ketiga foto lamaran kerja yang berupa tulisan tangan.
  4. Kemudian yang keempat, daftar riwayat hidup atau cv atau curriculum  vitae
  5. Yang kelima dan seterusnya, dokumen pendukung misalnya surat keterangan pengalaman kerja, sertifikat pelatihan, sertifikat penghargaan prestasi dan lain sebagainya.

Apabila dirasa sudah yakin dan urutannya udah sesuai dan sudah menjadi file pdf udah saatnya untuk mengirimkannya melalui email. Caranya, buka emailnya kemudian kasih judul emailnya dan di halaman email isi dengan kata kata pengantar misalnya kepada pt abcd di tempat, dengan hormat saya ingin mengajukan permohonan kerja sebagai … di pt abcd. Adapun sebagai bahan pendukung atau pertimbangan kami lampirkan berkas lamaran di email ini. Demikian email permohonan kerja ini kami ajukan. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih. Jangan lupa kasih nama pada bagian bawah.

Jika sudah ada muqaddimah kata pengantar dalam email yang sudah dibuat maka lampirkan file pdf yang kita buat tadi. Email pdf yang berisi lamaran yang kita susun tadi apabila sudah tercantum di draft email maka bisa kita klik kirim, pastikan email terkirim dengan sempurna.

Tunggu Sampai Proses Selesai

Jangan menutup email ketika proses pengiriman email. Kalau kurang yakin kita bisa membuka bagian berita terkirim atau sent item ( bahasa inggris) untuk memastikan bahwa email lamaran kerja kita benar-benar terkirim pada tujuannya.

Dengan demikian kita yakin bahwa kita sudah memasukkan lamarannya kan kita tinggal menunggu hasil keputusan dari hrd yang telah membuka lowongan kerja tersebut.

Demikian tulisan ini tentang bagaimana Cara Mengirimkan Email Lamaran Kerja agar kiranya bisa membantu dalam memberi panduan tips yang mungkin berguna bagi kami sendiri dan kita semua di era digital ini yang semuanya penuh dengan teknologi yang mungkin dari sebagian kita di zaman dulu belum pernah merasakannya.

Terima kasih atas kunjungannya, kritik dan saran kami tunggu, kami terima dengan lapang dada demi kebaikan dan kemajuan website kami. Terima kasih.

Untuk merubah dokumen menjadi PDF ada disini.