Keberkahan Bulan Ramadhan, Menurut Ust Abdul Shomad

keberkahan bulan ramadhan, meraih keberkahan ramadhan, keberkahan bulan ramadhan

Barang siapa mendapatkan Keberkahan bulan ramadhan maka ia akan beruntung sekali. Karena bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat suci. Satu- satunya nama bulan yang disebut dalam alquran.

Asal Kata Barokah

Berkah diambil dari kata barokah, yakni banyak kebaikan- kebaikan yang berkumpul jadi satu. Maka kenapa bulan ramadhan disebut bulan yang penuh berkah, karena didalam bulan ramadhan banyak sekali terdapat keberkahan. Atau juga bisa keberkahan diartikan sebagai tambahan kebaikan, sehingga nilai kebaikan akan semakin tinggi.

Dibulan ramadhan Allah SWT memerintahkah puasa, yang mana makna puasa itu ialah menahan nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Setan- setan terbelenggu

Dibulan ramadhan setan- setan di terbelenggu, pada hakekatnya hanya yang beriman dan mampu menaklukkan hawa nafsulah yang mampu membelenggu setan- setan tersebut. Maksudnya apa? Bisa makan tapi menahannya, bisa minum tapi mampu menahannya. Saat itulah setan terbelenggu dan tidak bisa berbuat apa- apa.

Tapi kenapa dibulan puasa ini masih ada saja orang yang makan dan minum padahal ia muslim. Itu karena ia tidak mampu menahan nafsunya, karena lemahnya keimanannya.

Malam istimewa di Bulan Ramadhan

Dalam sebulan ada satu malam yang setara dengan 1000 bulan, 83 tahun. Dinamakan lailatul qadar, malam yang penuh berkah. Dimana barang siapa yang menjumpai malam itu maka keberuntungan yang tak terhingga terhadapnya. Ada yang berpendapat malam lailatul qodar ada di salah satu dari 10 hari terakhir dai bulan ramadhan.

Jadi, apakah dengan demikian kita boleh hanya melakukan ibadah di 10 hari akhir saja? Boleh tidaknya tergantung dari ibadah apa yang dilakukan, karena masing- masing ibadah mempunyai hukum yang berbeda- beda. Ada lima jenis hukum atau sering disebut dengan matrik hukum yakni wajib, sunnah, mubah, makruh dan haram.

Lima Hukum dalam Islam

  1. Wajib artinya harus dilakukan
  2. Sunnah artinya sebaiknya dilakukan
  3. Mubah artinya boleh dilakukan dan boleh tidak dilakukan
  4. Makruh artinya sebaiknya jangan dilakukan
  5. Haram artinya dilarang untuk melakukan

Berikut ini ada beberapa Keberkahan bulan ramadhan

  • Ibadah lebih khusyu’
  • Empati terhadap orang lain terpupuk
  • Nafsu terjaga
  • Pahala berlipat ganda

Mudah- mudahan kita semua mendapatkan Keberkahan Bulan Ramadhan yang suci ini, dan di jumpakan dengan ramadhan di tahun mendatang. Amiin