Makanan Khas Lebaran, Membuat Perut Keroncongan

Makanan Khas Lebaran

Setelah menunaikan ibadah salat Ied salah satu tradisi yang wajib dilakukan adalah makan bersama keluarga. Dan inilah Makanan Khas Lebaran yang wajib dijajal untuk melengkapi keceriaan di hari Lebaran bersama keluarga.

Menu opor ayam dan rendang Biasanya jadi makanan khas lebaran wajib yang harus ada di meja makan. Setelah sebulan penuh puasa Ramadhan, hari raya menjadi kejutan bagi perut karena begitu banyak makanan dan masakan- masakan yang lezat.

Sajian khas Idul Fitri ternyata tak hanya 2 menu tersebut, di beberapa daerah terdapat beberapa masakan spesial yang selalu disajikan saat lebaran. Rasanya pun bervariasi ada yang gurih hingga pedas menggigit.

9 Makanan Khas Lebaran

1. Semur Daging

Semur bisa menjadi pilihan olahan daging sapi yang paling mantap saat berlebaran teksturnya empuk dengan cita rasa manis berempah akan membuat kesan lebaran menjadi menyenangkan.

Makanan yang berkuah ini adalah hidangan bahan daging yang direbus dan diolah dengan kuah berwarna coklat yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala dan rempah- rempah lain. Tidak heran jika semur daging menjadi menu makanan khas lebaran yang selalu ada.

Semur biasanya berisi daging sapi, ayam dan kentang. Isi dari sumur juga bisa bermacam-macam seperti ditambah tempe, telur, tahu, ikan dan bahan lainnya selera Anda.

2. Gulai Nangka Muda dari Medan

Salah satu makanan khas lebaran dari berbagai daerah di Indonesia datang dari kota Medan.

Makanan Khas Lebaran

Makanan dari Sumatera Utara ini memang identik dengan masakan Melayu yang khas dengan santan salah satunya adalah gulai nangka muda.

Gulai ini terdiri dari nangka muda yang ditambah dengan daging dan potongan kacang panjang lalu dimasak dengan santan dan berbagai rempah khas gulai.

Di Medan kamu akan dengan mudah menemukan makanan ini di setiap rumah yang kamu kunjungi dan biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong.

3. Gulai Kambing dari Aceh

Salah satu makanan khas lebaran dari berbagai daerah Indonesia ini berasal dari daerah paling barat Indonesia yaitu Aceh.

Makanan Khas Lebaran
Makanan Khas Lebaran, Gulai Kambing Aceh

Bagaimana tidak gurih dan empuk nya daging yang dipadu dengan bumbu dan rempah yang begitu kaya akan membuat sajian ini tersaji sebagai salah satu hidangan istimewa yang begitu lezat.

4. Rendang dari Padang

Makanan yang berasal dari Padang ini merupakan makanan yang sudah mendunia. Makanan ini bahkan dikenal sebagai salah satu makanan terenak di dunia dari negara lain.

Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Rendang bisa menjadi menu terbaik makanan khas lebaran karena rasanya yang sangat lezat.

Bumbu-bumbu yang biasanya digunakan pada rendang antara lain serai, lengkuas, kunyit, jahe dan Bawang. Rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam namun rasa yang dominan adalah asin manis dan gurih.

Rendang daging juga hadir sebagai penambah rasa sebagai menu daging rendang bisa membuat ketupat lebaran terasa lebih nikmat.

5. Ayam Woku dari Manado

Manado terkenal dengan hidangan yang pedas menggigit tak terkecuali sajian makanan khas lebaran yang dikenal dengan masakan ayam woku.

Tambahan dedaunan seperti daun kunyit, daun jeruk dan daun kemangi membuat rasanya semakin segar dan menggugah selera.

Selain idulfitri sebenarnya menu ini kerap dijumpai sehari-hari sebagai sajian keluarga. Sajian ini adalah lauk yang sangat cocok dengan nasi putih panas. Hati-hati, bila menurut pengalaman nasi sepiring saja belum cukup untuk puas menikmati nya.

6 Lemang Lepat lau dari Pontianak

Di Pontianak, hari raya Lebaran tak akan lengkap jika tidak ada makanan khas lebaran yang satu ini, namanya Lemang lepat lau.

Makanan berbahan dasar beras ketan ini biasanya menjadi pendamping masakan rendang daging ataupun serondeng yaitu parutan kelapa bumbu.

Citarasanya tak jauh berbeda dengan lontong yang ada di pulau. Jawa namun pada Lemang rasa gurih lebih terasa karena yang disertakan dalam proses membuat lemang makanan ini merupakan perpaduan beras ketan dan santan yang diisi ke dalam bumbu rasa gurih, emang begitu terasa karena campuran santan dan garam.

Meski mirip dengan lontong Jawa Lemang khas Pontianak ini tidak boleh kamu lewatkan.

7. Makanan Khas Lebaran – Opor Ayam dari Sunda

Tidak hanya sebagai hidangan makanan khas lebaran, opor ayam juga banyak dikonsumsi sebagai menu sehari-hari. Di beberapa daerah opor ayam disantap dengan bubur kacang kedelai sehingga rasanya terasa lebih unik.

Opor ayam merupakan makanan berkuah yang dibuat dari daging ayam yang direbus dalam kuah santan kuah santan untuk opor ini dibuat dari bumbu berupa kelapa serai kencur kunyit dan garam.

8. Anam dari Palembang

Pada saat lebaran anam menjadi salah satu menu makanan khas lebaran yang wajib Anda coba. Anam menjadi salah satu makanan yang selalu ada untuk suguhan lebaran dan makanan ini sudah menjadi tradisi masyarakat Lahat di Palembang.

Mirip seperti gulai ayam, bumbu Anam ini merupakan potongan daging ayam yang dadu dipadukan dengan bumbu khas. Bumbunya terdiri dari bawang putih halus, bawang merah halus, serai, lengkuas, jahe, temu kunci, kunyit, daun jeruk, kencur, ketumbar, merica, pala bubuk dan cengkeh. Kuahnya gurih cocok dipadu dengan ketupat yang mengenyangkan.

9. Makanan Khas Lebaran – Soto Ayam Magetan

Magetan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai ragam kuliner yang patut di acungi jempol, salah satunya soto ayam magetan. Masakah berkuah dengan berbagai macam bahan seperti mie soun, toge kacang hijau, tahu menjadikan soto ayam Magetan nikmat jika di santap dengan kerupuk kulit Magetan.

Itulah 8 jenis makanan khas lebaran dari berbagai daerah yang telah dibahas.