Wajib Tahu! Contoh Membuat Silsilah Keluarga, Lengkap !

Contoh Membuat Silsilah Keluarga

Contoh membuat silsilah keluarga ini saya dedikasikan untuk menghormati leluhur dan nenek moyang. Karena hanya dengan megetahui urutan silsilah, nama kakek nenek hingga bertingkat- tingkat ke atas akan membuat kita lebih mengerti akan diri kita.

Urgensinya Membuat Silsilah

Pohon silsilah seharusnya dimiliki oleh setiap keluarga, karena setiap orang pasti punya ibu, ayah. Punya kakek, nenek hingga leluhur kesekian generasi.

Namun sayang tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk mengetahui silsilahnya sendiri. Maka dari itu mulai sekarang, mari membuat silsilah keluarga masing. Adapun sebagai contoh membuat silsilah keluarga, kami akan menyajikan rangkuman singkat tentang silsilah keluarga.

Kita Butuh Silsilah

Akar dan cikal bakal sebuah bangsa adalah keluarga, semakin kuat pada level keluarga maka akan semakin kuat sebuah bangsa atau negara. Dan untuk menjadi keluarga yang kuat dan hebat maka harus mengetahui siapa dirinya, jati dirinya. Tentu hal ini dengan mengetahui darimana asal- usulnya.

Mungkin terlalu besar jika bicara peradaban sebuah bangsa, namun pada kenyataannya sebuah keluarga adalah bagian penting penyusun bangsa tersebut. Akan sangat bijak jika mempunyai catatan silsilah untuk memberi pemahaman pada generasi penerus.

Bagaimana Orang Luar Negeri Menganggap Silsilah

Jika anda pergi eropa, amerika hingga negara- negara arab. Maka akan anda temukan banyak sekali orang yang namanya menyertakan nama ayahnya. Bahkan di arab, banyak yang menyertakan nama ayahnya hingga kakeknya.

Banyak sekali aplikasi silsilah keluarga yang diciptakan orang luar negeri, itu artinya betapa penting mengetahui runtutan asal muasal keluarga. Disini akan dipaparkan juga Contoh Membuat Silsilah Keluarga dengan menggunakan teknologi aplikasi komputer.

Dimulai Dari Mana?

Untuk membuat silsilah, diperlukan data- data yang cukup. Data atau catatan terkait siapa ayah, kakek, buyut dst akan dibutuhkan dalam menyusun silsilah sejarah keluarga.

Bisa mulai dengan bertanya kepada yang terdekat, yakni ayah, kemudian kakek hingga orang tua maupun tokoh masyarakat yang ada disekitar lingkungan anda. Memang tidak mudah untuk menyusun silsilah, apabila tanpa ada data awal. Jika demikian maka harus menyusun istilah dari nol. Dan ini harus dilakukan dengan telaten dan sabar.

Berikut ini contoh membuat silsilah keluarga

Silsilah dari garis Tertentu
Contoh Membuat Silsilah Keluarga dari jalur tertentu
Silsilah dari dua garis Laki- laki
Contoh Membuat Silsilah Keluarga dari garis laki- laki
Contoh Membuat Silsilah Keluarga dengan menggunakan aplikasi

Aplikasi yang kami gunakan adalah “MyHeritage Family Tree Builder” free version, dan kami lebih memilih untuk tidak publish silsilah. karena silsilah itu bersifat privat dan hanya keluarga saja yang seharusnya boleh melihat.

Contoh Membuat Silsilah Keluarga dengan menggunakan aplikasi

Pentingnya Mencatat Silsilah

Menurut survey dari tim Jabarala.com, sebagian besar generasi zaman sekarang tidak lebih dari 4 generasi nenek moyang yang diingat. Hal ini sangat ironis dan miris.

Mereka tidak tahu nenek moyang mereka darimana, apakah keturunan Kerajaan Majapahit atau Kerajaan Matararam.

Terlebih dalam memberi nama anak, tidak mencantumkan nama keluarga atau nama kakek, tentu akan membuat semakin jauh untuk mengingat generasi leluhur.