Tempat Wisata Di Malang

tempat wisata di malang
tempat wisata di malang

Berkunjung ke Kampung Warna Warni Malang Yang Wajib untuk di Kunjungi

Ada satu lagi Tempat wisata di malang yang unik di Malang yang wajib sobat sambangi. Tempat terkenal dengan sebutan Kampung Warna Warni Malang. Apasih keunikan dari tempat ini ? Yuk langsung saja kita simak selengkapnya.

Kampung Warna Warni Malang dulunya merupakan pemukiman yang kumuh. Kampung Jodipan merupakan sebuah desa yang terletak di Bantaran Sungai Berantas. Bangunan ini merupakan bangunan liar yang sudah ada sejak lama.

Asal Muasal Tempat Wisata Di Malang Kampung Warna- warni

Penduduk yang tinggal dikawasan ini tidak memiliki kehidupan yang layak. Pola hidup mereka pun tidaklah benar. Banyak terjadi masalah disekitar kawasan ini baik dari sanitasi, pencemaran lingkungan dan masih banyak lagi.

Dari sinilah kemudian tercetus ide dari sekelompok mahasiswa  Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Mulanya mereka hanya ingin mengubah pola hidup masyarakatnya. Namun karena melihat kawasan ini memiliki cukup potensi maka diubahlah lokasi ini menjadi tempat yang apik. Yang akhirnya menjadi tempat wisata di malang yang menarik.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompk yang disebut guyspro ini kemudian bernegosiasi dengan warga dan bekerja sama dengan produsen cat. Pihak produsen sangat mendukung kegiatan ini.

Dikatakan bahwa produsen cat tak hanya menyiapkan bahan bakunya saja melainkan keseluruhan pekerja. Warga masyarakat juga mendukung sepenuhnya dengan menyiapkan konsumsi dan sebagainya.

Pengerjaan ini melibatkan banyak pihak, selain produsen, mahasiswa dan warga masyarakatnya. Komunitas mural dan seniman untuk turut memberikan kreasi lukisan dan corak unik di dinding rumah warga.

Terhitung sekitar 107 rumah warga di cat dengan 17 warna warni yang cerah. Perpaduan warna ini sangat indah jika dilihat dari kejauhan. Inilah mengapa tempat wisata di malang ini disebut sebagai Kampung Warna Warni.

Perkampungan yang terancam digusur ini saat ini memiliki wajah baru. Kesan kumuh yang selama ini dimilikinya telah ia tanggalkan. Pemerintah Kota Malang pun sangat mendukung dan menjadikan tempat ini sebagai sebuah tempat wisata di malang yang wajib dikunjungi.

Kawasan ini cukup ramai ketika akhir pekan tiba, banyak wisatawan lokal maupun luar daerah yang datang ke tempat ini. Masyarakat menyebutkan ada juga turis asing yang pernah singgah dikampung ini. Nyatanya kampung yang sempat kumuh ini memiliki daya tarik tersendiri.

Kegiatan menarik yang ada di tempat wisata di malang ini adalah menyaksikan keunikan desa Jodipan yang berwarna-warni. Berselfie ria dengan background perumahan dari atas jembatan akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Lokasi Kampung Warna Warni

Kampung Warna Warni ini terletak di Desa Jodipan, Kota Malang, Jawa Timur. Lokasinya tepat di Daerah Aliran Sungai Berantas di bawah rel kereta api dekat dengan pasar barang bekas (BABE).

Belum banyak informasi yang kami dapat mengenai tempat wisata di malang Kampung Warna Warni. Jika ingin tau lebih lanjut datang langsung ke lokasi yaa. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi para sobat traveller.