KTP Digital, 1 Kemudahan ?

ktp digital
ktp digital

KTP (Kartu Identitas Penduduk) adalah hal yang sangat penting. Untuk mengurus administrasi, layanan publik, pajak, beli mobil, daftar sekolah hingga melamar kerja.

e KTP Digital Pengganti e-KTP

KTP Digital

Semuanya menggunakan KTP sebagai data wajib yang harus disertakan. Dan sekarang KTP Digital akan menggantikan KTP elektronik yang selama ini sudah kita gunakan.

Wacana untuk menggantikan KTP elektronik yang berwujud fisik yang akan digantikan dengan IDENTITAS DIGITAL tengah disosialisasikan oleh kementrian dalam negri. Sesuai yang di posting di akun FB dispenduk magetan.

Hal ini berlaku bagi yang sudah mempunyai e-KTP maupun bagi yang wajib KTP. Karena identitas kependudukan ini sangat penting, untuk identifikasi alamat seseorang hingga untuk berbelanja online. Bahkan untuk antisipasi modus kejahatan, kita bisa mengetahuinya dari KTP.

Identitas digital diterbitkan menteri melalui Ditjen Dukcapil di integrasikan dengan sistem informasi administrasi kependudukan dan diterbitkan melalui pelayanan adminduk dan pelayanan pengguna secara daring.

Jika mengacu pada informasi tersebut maka semua yang sudah mempunyai E-KTP ataupun yang belum punya KTP namun sudah Wajib KTP maka pengurusannya melalui online.

ktp digital
KTP Digital

Harapan KTP Digital yakni

  • – Tidak ada lagi pencetakan fisik e-KTP
  • – Tidak akan ada lagi masalah KTP hilang
  • – Tidak akan ada lagi fotocopy KTP untuk mengakses pelayanan publik.

Kementrian dalam negri tengah melakukan ujicoba identitas digital ini di 50 Kabupaten/ Kota.
Indentitas digital bisa di akses dengan kode verifikasi dan juga QR code atau biasa disebut dengan barcode.

Namun ada yang merespon terkait KTP Digital ini bahwa tidak semua orang memiliki smartphone khususnya di pedesaan.

Dispenduk Magetan melalui akun facebooknya menambahkan bahwa identitas digital pembuatannya lebih mudah, cepat, hemat dan efisien. Di terapkan secara bertahap dengan double track system service. Artinya masyarakat yang tidak memiliki HP atau tempatnya tidak ada sinyal internet maka bisa dicetak secara fisik.

Sebelum melakukan pendaftaran identitas digital, siapkan email dan nomor handphone yang aktif. Jika belum mempunyai email maka buatlah email terlebih dahulu.

KTP Digital

Ada banyak penyedia layanan email gratis diantaranya yahoo mail, gmail atau juga email yang spesial (email dengan domain sendiri). Namun bila dirasa masih bingung untuk membuat email maka sebaiknya tanyakan kepada yang lebih mengerti.

Berikut ini tatacara untuk bisa menggunakan KTP Digital,

  1. Download dan instal aplikasi Idnetitas digital.
  2. Melakukan regitrasi dengan memasukkan NIK, Alamat email aktif dan nomor handphone aktif.
  3. Kemudian verifikasi data dengan foto selfi .
  4. Lakukan verifikasi email

Untuk bisa login ke aplikasi KTP Digital maka harus melakukan tahapan- tahapan seperti di atas.

Dunia yang terus bergerak ke arah digital, mau tidak mau kita harus menyesuaikan dengan teknologi dan alam interaksi manusia yang serba digital dan daring.