Konsumsi BBM Chevrolet Captiva Diesel, Ada 1 Hal Wajib diketahui

Konsumsi BBM Chevrolet Captiva Diesel

Ketika mengulas tentang Konsumsi BBM Chevrolet Captiva Diesel sangat menyenangkan. Kendaraan satu ini memang sudah tidak diproduksi. Namun antusias dari pecinta otomotif banyak yang senang dan miliki keinginan membeli Amerika ini.

Faktor utama yang membuat jenis kendaraan SUV ini diburu adalah tenaga mesin tangguh seperti badak dan bisa dibilang jarang rusak. Jangan salah kalau sampai hari ini banyak yang ingin menikmati kenyamanan berkendara dengan Chevrolet Captiva.

Dengan mengusung tipe mesin diesel, mungkin banyak dari kalian menganggap konsumsi penggunaan bahan bakar minyak kendaraan ini irit. Benarkah demikian? Lantas seberapa besar konsumsi BBM Chevrolet Captiva diesel? Untuk menemukan jawabannya simak baik-baik yuk informasinya.

Kebutuhan Konsumsi BBM Chevrolet Captiva Diesel

PT General Motor Autoworld Indonesia adalah selaku APM Chevrolet di Tanah Air yang memproduksi Chevrolet Captiva diesel pada tahun 2008. Seri yang berhasil diluncurkan adalah 2.0 VCDi yang mengusung tipe mesin 1.991 cc dengan 4 silinder.

Plus dengan teknologi variable geometry turbocharger (VGT) yang mampu untuk memompa tenaga 150 hp @4.000 rpm dan bisa capai maksimum torsi 320 Nm @2.000 rpm. Teknologi VGT dianggap menjadi sebuah terobosan baru untuk menghasilkan tenaga mesin lebih kuat.

Sistem VGT akan memberikan pompa tenaga udara segar yang diatur oleh tekanan saat diperlukan dalam putaran mesin di momen tertentu. Penyematan dari teknologi common-rail memberikan pengaruh dalam konsumsi BBM Chevrolet Captiva diesel.

Komponen ini memberikan tekanan sampai 1.600 psi dalam bagian injektor. Sehingga kemampuan mesin bisa menghasilkan tenaga besar di putaran rendah untuk lebih efisien dalam pengeluaran bahan bakar.

Lantas berapakah jumlah konsumsi BBM Captiva diesel yang di keluarkan?

Mengutip dari sejumlah sumber terpercaya, jumlah konsumsi BBM Chevrolet Captiva diesel terbilang  irit. Dalam pemakaian kota hanya menembus 1 /liter banding 10,6 km. Angka ini di peroleh setelah melewati perjalanan di dalam kota yang melalui rute normal aktivitas biasa.

Namun dengan catatan tidak melewati 2.000 rpm saat mengendarai. Melihat angka ini konsumsi BBM dari Chevrolet Captiva diesel cukup baik. Ffaktor yang mempengaruhi irit adalah penggunaan jenis mesin diesel yang digunakan.

Plus dengan kombinasi teknologi common-rail dan VGT yang di pakai sangat baik. Dari survey yang sudah kami coba konfirmasi kepada pengguna Captiva diesel. Banyak dari mereka setuju jika kendaraan ini irit BBM.

Ada pun dari pengguna yang mengatakan untuk rata-rata Konsumsi BBM Chevrolet Captiva Diesel adalah (1:9-10 km/liter) saat rute dipakai setiap hari. Namun untuk perjalanan luar kota nilainya bisa lebih tinggi kisaran 1:12-13 km/liter saat menggunakan kecepatan konstan.

Mobil Chevrolet Captiva Diesel Wajib Pakai BBM Bagus

Untuk kalian yang mau beli Chevrolet Captiva diesel bekas harus memahami secara penu. Sebab kendaraan ini membutuhkan jenis bahan bakar dengan kualitas bagus. Sangat tidak disarankan untuk kalian menggunakan BBM solar kualitas tingkat rendah.

Konsumsi BBM Chevrolet Captiva Diesel

Mobil Chevrolet Captiva diesel tidak direkomendasikan pakai solar kualitas buruk dalam jangka panjang. Sebab akan bermasalah pada bagian sektor mesin dan bisa merusak komponen lainnya. Jadi harus betul-betul memperhatikan Konsumsi BBM Chevrolet Captiva Diesel kalau ingin mobil berperforma baik.

Lantas bagaimana jika sampai itu terjadi? Di mana pengguna terus memaksakan untuk menggunakan jenis solar kualitas rendah?

Efek yang akan di terima adalah bagian injektor common-rail akan lebih cepat kotor. Kemudian akan menyebabkan injektor menjadi tersumbat. Dampak yang di rasakan jelas akan merepotkan pemilik kendaraan. Di mana harus membersihkan injektor dan melakukan kalibrasi pada bagian komponen.

Apabila sampai masuk tahapan yang cukup parah. Mau tidak mau pemilik wajib ganti injektor baru dengan harga yang lumayan mahal. Ini bisa menjadi sebuah alternatif dalam jangka pendek saja. Namun bagaimana untuk resiko jangka panjang yang akan di hadapi?

Untuk efek jangka panjang yang akan di terima adalah bisa menyebar ke seluruh bagian komponen mesin. Apabila terus saja dipaksakan akan membuat liner mesin atau pada bagian dinding piston mudah aus.

Ketika itu yang terjadi akan membuat kompresi mesin sangat berkurang. Sehingga menyebabkan performa mesin turun dan bisa kehilangan tenaga. Jika sampai mengalami hal tersebut jelas mau atau tidak wajib melakukan overhoul terhadap mesin.

Tips Membeli Chevrolet Captiva Diesel Bekas

1. Cek Bagian Kabel

Saat kalian ingin membeli Chevrolet Captiva diesel bekas. Hal wajib yang mesti di cek pertama kali adalah bagian kabel harness. Kabel satu ini memiliki pengaruh yang tinggi pada kelistrikan dalam kendaraan.

Secara umum kerusakan pada bagian kabel adalah dari faktor usia pemakian. Suhu mesin yang panas bisa menyebabkan kabel-kabel dekat mesin sangat mudah getas dan rusak. Ketika melihat kabel ini sudah dalam kondisi jelek segera ganti.

2. Kotak Sekring

Punya kendaraan yang usianya telah memasuki umur cukup lama dan lebih dari 5 tahun keatas. Ada bagian tertentu yang mana harus selalu di kontrol seperti kotak sekring. Dalam kotak sekring ada sejumlah bagian yang mungkin sudah lumer atau meleleh akibat korsleting listrik.

Tapi kasus seperti ini tidak selalu terjadi pada beberapa jenis kendaraan. Kondisi itu hanya akan ditemui pada sejumlah kendaraan dan tidak semua mengalami hal sama.

3. Oli Mesin

Saat kalian sedang cek bagian mesin Chevrolet Captiva diesel bekas coba buka tutup oli pada waktu mesin sedang menyala. Di saat membuka tutup oli pastikan kalian tidak melihat oli mesin keluar atau muncrat kebagian luar.

Apabila sampai melihat ada cipratan oli, ada kemungkinan bagian internal mesin terjadi masalah. Kalian bisa langsung cek di bagian saat mesin dalam keadaan menyala. Jika terlalu banyak mengeluarkan asap putih, bisa kami pastikan mesin dalam kondisi buruk.

Asap putih yang di keluarkan menandakan bahwa oli yang ada ikut masuk ke ruang bakar. Sehingga membuat kompresi akan menghilang. Jika kalian mendapatkan unit mirip apa yang kami jelaskan baiknya segara beralih. Masih ada unit lain yang mungkin punya kondisi jauh lebih bagus.

4. Cek Bagian Kaki-kaki

Jangan lupa untuk cek bagian kaki-kaki saat kalian mau beli Chevrolet Captiva diesel bekas. Ada masalah umum di bagian kaki-kaki yang akan kalian jumpai seperti di sektor karet-karet. Karet Ini meliputi bagian bushing, ball joint, tie rod, shockbreaker, yang wajib kalian periksa dengan seksama.

Jangan abaikan ini sebab perbaikan untuk bagian kaki-kaki depan atau belakang lumayan tinggi. Kalian bisa saja mengeluarkan uang minimal setidaknya 3 juta. Utamakan kalian fokus pada bagian suspensi belakang self-leveling. Sebab harga suspensi belakang mencapai 2 sampai 11 juta tergantung dari merek.

Kesimpulan Mengenai Konsumsi BBM Chevrolet Captiva Diesel

Setelah melihat informasi tentang konsumsi BBM Captiva diesel. Bisa di simpulkan kendaraan ini layak untuk kalian miliki. Terlebih juga menawarkan kenyamanan yang sangat bagus seperti dibekali karakter suspensi empuk dengan handling terbaik. Namun harus memperhatikan kualitas BBMnya supaya tidak mengalami kendala saat digunakan.

Faktor Captiva menjadi kendaraan jenis SUV bukan ladder frame. Tapi kendaraan rangka monokok ini dikenal memiliki handling lebih baik. Bahkan mobil ini adalah SUV pionir yang berhasil menyematkan rangka monokok dan common-rail pertama di Indonesia.