Inilah Perbedaan Britama dan Simpedes BRI, Jangan Salah

Perbedaan Britama dan Simpedes BRI

Perbedaan Britama dan Simpedes BRI yang harus diketahui dan dipelajari secara seksama supaya tidak salah dalam memilih dan membuka tabungan di Bank Rakyat Indonesia.

Simpedes dan Britama adalah rekening BRI terpopuler bagi masyarakat Indonesia. Membandingkan keduanya terlihat cukup berbeda dalam hal setoran minimum, biaya administrasi, jenis kartu ATM, dan fitur dan fasilitas.

Mana yang lebih baik? apakah Britama atau Simpedes? Harus dipahami saat itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Saat kalian ingin membuatdisarankan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan kalian. Mungkin juga kalian bisa membuat dua rekening BRI sekaligus.

Berikut ini Perbedaan Britama dan Simpedes BRI

Nama Rekening

Simpedes adalah singkatan dari Simpanan Pedesaan atau yang juga dikenal dengan Tabungan Pedesaan. Jenis ini ditujukan kepada orang desa dan sejumlah kantor BRI telah menjangkau pelosok tanah air. Lalu bagaimana dengan Britama? Dulu Britama bernama Simaskot yang merupakan singkatan dari Tabungan Masyarakat Kota.

Biaya untuk membuat Britama lebih tinggi daripada Simpedes. Akan tetapi manfaat yang ditawarkan sebanding. Tidak begitu segnifikan dari penjelasan diatas dan itu hanya sebuah nama. Kedua jenis tabungan itu bisa dibuat di cabang BRI mana saja. Tentu kalian diperbolehkan membuat Simpedes dan Britama secara bersamaan.

Jenis Produk

Perbedaan Britama dan Simpedes BRI yang selanjutnya adalah jenis turunan yang ada dalam progam tersebut. Ada dua jenis Simpedes yaitu Simpedes dan Simpedes TKI. Untuk Britama yang ditawarkan lebih bervariasi. Jenis Britama meliputi Britama, Britama X Britama Bisnis, Britama Valas, dan Britama Plan. Ada pun rekening BRI khusus anak yaitu Junio atau Britama Anak.

Aturan di Tabungan Britama dan Simpedes BRI

Simpedes dan Britama merupakan tabungan milik BRI dan hal yang berbeda terletak di persyaratannya. Di mana persyaratan pembuatan Simpedes harus berusia di atas 17 tahun dan memiliki KTP. Sedangkan pada Simpedes TKI akan menambahkan surat rekomendasi dari PPTKIS.

Lalu untuk persyaratan rekening Britama lebih beragam yang di sebabkan oleh jenisnya cukup banyak. Secara umum syarat yang diberikan adalah KTP, Usia 17+, NPWP dan lainnya. Akan tetapi semua tergantung pada jenis tabungan Britama yang kalian pilih.

Jumlah Setoran Minimum

Perbedaan Britama dan Simpedes BRI yang paling penting adalah Setoran awal, yang menjadi pembeda antara Britama dan Simpedes. Garis besar secara umumn jumlah setoran awal minimum rekening tabungan Britama lebih tinggi dari Simpedes. Ada sejumlah alasan mengapa setoran awal diatur ke jumlah terendah.

Di mana uang itu masih milik kita pada dasarnya. Bahkan setelah 24 jam tersimpan kalian dapat mengambilnya di ATM atau teller. Perbedaan rasio setoran awal saat membuka rekening antara Simpedes dan Britama adalah sebagai berikut.

Simpedes

• Simpede Reguler: Rp 50.000
• Simpedes TKI: Rp 10.000

Britama

• Britama Reguler: Rp 250.000
• Britama Muda: Rp 100.000
• Britama Bisnis: Rp 1.000.000
• Britama Rencana: Rp100.000
• Britama Valas: USD 50

Jenis Kartu yang Diperoleh

Dalam penetapan jenis kartu ATM Britama dan Simpedes akan terlihat berbeda. Untuk Simpedes kalian akan mendapatkan kartu dengan label private. Sedangkan pada kartu Britama akan memiliki lebih banyak pilihan.

Kartu Simpedes berlogo GPN dan hanya bisa digunakan pada mesin ATM dan mesin-mesin EDC yang tersebar di Indonesia. Sedangkan untuk kartu Britama berlogo Mastercard dan kalian dapat menggunakan di dalam atau pun luar negeri.

Warna Buku Tabungan

Dengan teknologi e-banking membawa kalian bisa memeriksa riwayat transaksi kapan pun. Sehingga fungsi buku tabungan menjadi kurang penting di era modern. Akan tetapi beberapa masih ada beberapa orang menggunakan buku sebagai pertimbangan saat memilih jenis akun yang akan dibuat.

Sampul buku tabungan Britama akan memiliki berwarna biru. Namun buku Britama memiliki varietas lain yang berwarna abu-abu dan hitam. Untuk buku tabungan Simpedes hadir dalam dua pilihan warna yakni biru dan kuning. Jadi, dengan hanya melihat buku tabungan saja, Kita sudah bisa mengenali Perbedaan Britama dan Simpedes BRI.

Perbedaan Britama dan Simpedes BRI yang Terpenting

Biaya Bulanan Britama dan Simpedes BRI

Melihat lebih dekat menunjukkan bahwa rekening kalian yang memenuhi syarat akan dikenakan dua tariff berbeda. Pertama adalah biaya pengelolaan rekening dan biaya kartu ATM. Berapa jumlah totalnya antara satu jenis tabungan dengan lainnya.

Biaya admin Britama Rp 12.000 sampai Rp 25.000 tergantung jenis kartu Britama. Lalu untuk Simpedes biaya admin dari Rp 8.000 sampai dengan Rp 15.000. Tentu kalian sudah tahu mana yang lebih murah setiap bulannya.

Untuk biaya administrasi BRI otomatis dipotong dari saldo tabungan kalian pada tanggal 15-20 setiap bulan. Saldo di bawah Rp50.000 dikenakan denda saldo minimal. Saat saldo kalian kosong selama 3 bulan berturut-turut maka rekening kalian akan hangus.

Batas Transaksi Harian

Batas transaksi kalian tergantung pada jenis kartu debit yang kalian gunakan. Untuk BRI levelnya adalah Private Label, Classic, Gold, Platinum, dan banyak lagi. Kartu ATM menentukan besaran limit transaksi yang dapat dilakukan.

Jadi kartu Britama dan Simpedes memiliki perbedaan dalam hal batas tarik tunai atau pengiriman uang serta pembayaran tagihan dan belanja. Namun jenis Simpedes memiliki biaya yang lebih rendah dari Britama. Meskipun dikenakan biaya bulanan yang besar tapi Britama memiliki keunggulan batas transaksi yang lebih tinggi.

Bunga Tabungan Britama VS Simpedes BRI

Salah satu keuntungan menyimpan uang di bank adalah mendapatkan bunga. BRI menghitung bunga sebagai persentase dari saldo yang dimiliki dalam satu bulan. Semakin tinggi saldo tingkat bunga yang diberikan juga meningkat.

Saat saldonya kurang dari 1 miliar maka tidak ada perbedaan antara suku bunga Britama dan Simpedes. Akan tetapi saat tabungan kalian di atas 1 miliar makapersentase suku bunga Britama lebih tinggi dari Simpedes.

Program Kompensasi dan Asuransi

Keuntungan lain dari menabung di BRI adalah kesempatan memenangkan undian berhadiah. Program khusus untuk pengguna Britama adalah Untung Beliung Britama serta Britama FSTVL yang mana punya hadiah berupa mobil atau sepeda dan uang tunai.

Simpedes akan melakukan pengundian setiap tahun yang disebut Panen Hadiah Simpedes. Hadiah utama adalah dua unit hunian rumah. Cara mengikuti cukup memiliki saldo minimal Rp 100.000 atau lebih agar punya banyak peluang.

Perbedaan Britama dan Simpedes BRI lainnya adalah asuransi kecelakaan diri. Ini ditetapkan untuk pengguna rekening Britama yang melakukan setoran awal lebih dari Rp 500.000 ribu. Dengan total kewajiban adalah Rp 150 juta dan pada Simpedes tidak ada asuransi.

Demikianlah rangkuman Perbedaan Britama dan Simpedes BRI yang bisa Kami sajikan kepada Anda, agar bisa menjadi referensi supaya terhindar dari kesalahan peruntukan akun. Adapun untuk persamaannya bisa lihat Persamaan Britama vs Simpedes.

Sebenarnya banyak pilihan dari jenis-jenis Tabungan BRI yang bisa dipilih, karena memang Bank BRI merupakan Bank BUMN yang terbesar di Indonesia hingga saat ini.