Ide Usaha Jitu, Budidaya Ikan Gurami

Potensi usaha budidaya ikan gurami tidak bisa dipandang sebelah mata, pasalnya usaha di bidang perikanan tetap moncer dan berjaya disaat usaha- usaha lain bertumbangan.

Harga Tinggi Ikan Gurami merangsang pertumbuhan populasi penekun budidaya ikan gurami. Harga yang mencapai Rp. 5000 per Kg adalah yang sangat bagus jika dibandingkan dengan harga sebelumnya yang hanya berkisar Rp. 3000 an saja.

Ikan gurami merupakan ikan air tawar yang umum dikonsumsi di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Maka dari itu peluang budidaya ikan gurami sangat bagus di Indonesia.

Review Budidaya Ikan Gurami

Tingkat konsumsi ikan yang semakin meningkat dari tahun ketahun membuat gairah petani ikan gurami semakin meningkat.

Karena memang kandungan gizi didalam ikan gurami yang banyak, sangat tepat jika dijadikan sebagai lauk-pauk utama, guna memenuhi kebutuhan nutrisi anak- anak yang dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang dan cukup.

Budidaya Ikan Gurami yang Mudah

Memelihara Ikan gurami tidak memerlukan teknik khusus, hanya saja menyediakan kolam dengan lebar dan kedalaman tertentu maka sudah bisa melakukan budidaya ikan gurami.

Tidak butuh banyak tenaga, hanya memberi pakan saat pagi dan sore saja dan sesekali membersihkan kolam dari kotoran yang mungkin ada.

Hanya saja salam pembuatan kolam, memerlukan beberapa pekerja untuk menyusun dan memastikan kolam bisa digenangi air dengan baik. Karena baik tidaknya kolam akan sangat berpengaruh terhadap kualitas Ikan gurami itu sendiri.

Ketika ikan gurami masih kecil, ia membutuhkan naungan yang teduh agar tidak terkena matahari secara langsung. Dengan menambahkan potongan daun pisang di atas permukaan air kolam maka sudah bisa dijadikan tempat berlindung ikan gurami dari paparan sinar ultraviolet yang berlebih.

Jangan lupa mengganti air kolam secara berkala ketika air kolam sudah terlalu keruh. Anda bisa memanfaatkan air buangan dari kolam untuk mengaliri tanaman di kebun atau juga sawah. Karena air buangan dari kolam ikan gurami sangat bagus untuk tumbuhan.

Bisa di Lahan yang Cukup Sempit

Budidaya ikan gurami bisa dilakukan dengan menggonakan kolam drum, kolam semen cor, kolam tanam dengan terpal, maupun media lainnya.

Dan lahan yang diperlukan untuk membuat kolam juga terbilang kecil. Untuk kolam galian dengan terpal bisa dengan panjang 5 x 4 meter, atau juga bisa yang agak lebih besar yakni 7 x 11 meter.

Ukuran kolam sebaiknya disesuaikan dengan lebar kolam, sebagai contoh kolam dengan lebar 7 meter dan panjang 11 meter dengan kedalaman 1,5 meter maka bisa di isi dengan benih ikan gurami 1000 ekor. Tidak terlalu padat dan juga tidak terlalu jarang.

Jika tinggal di Desa maka peluang ini merupakan peluang terbaik yang patut Anda coba, karena biasanya di Kampung masih banyak lahan kosong, pekarangan yang belum maksimal dalam pemanfaatannya.

Harga Benih Ikan Gurami

Harga benih ikan gurami bervariasi, ada yang harga Rp. 800, 1100, dan juga 1500. Namun kebanyakan petani Ikan gurami menggunakan bibit ikan gurami yang harga Rp. 1100, karena benih ikan sudah cukup besar untuk bisa dilepas dalam kolam.

Meski bisa saja mengambil benih ikan gurami yang besar, namun itu terkendala dalam modalnya. Karena harga benih yang kebih besar sudah tentu akan lebih mahal.

Pakan Ikan Gurami yang Fleksibel

Ikan gurami adalah hewan omnivora (hewan pemakan tumbuhan dan daging) artinya pemberian pakan bisa dengan konsentrat, daging ayam yang dipotong kecil- kecil, atau bahkan tumbuhan berupa daun- daunan.

Ketika ikan gurami masih kecil, di usian sekitar satu bulan maka pakannya bisa menggunakan plankton yang bisa dipicu dengan larutan penumbuh plankton. Biasanya untuk menumbuhkan plankton para petani menggunakan larutan tertentu dicampur dengan tetes (cairan limbah tebu) kemudian di masukkan kekolam.

Maka dalam beberapa hari warna air kolam akan menjadi kehijauan, pertanda plankton sudah berkembang di kolam dan bisa menjadi makanan ikan gurami yang masih kecil.

Masa Panen Budidaya Ikan Gurami

Budidaya ikan gurami bisa dibilang investasi, karena masa panennya yang cukup lama. Tidak cukup sebulan dua bulan saja untuk mencapai usia panen yang ideal.

Pada umumnya ikan gurami sudah bisa dipanen ketika sudah berusia satu tahun. Jika perawatan dan pemberian pakan yang cukup maka berat perekor ikan gurami rata- rata 1kg.

Bahkan ada ikan gurami yang bisa dipanen pada masa 10 bulan saja, tentu pertimbangan bobot dan harga (pasaran harga) adalah dua faktor penting dalam menghitung keuntungan yang didapat dari budidaya ikan gurami.

Masih banyak kreatifitas yang bisa dikembangkan agar bisa mendapatkan kualitas gurami yang baik sehingga mendatangkan keuntungan yang menggiurkan.