Billu Barber, Film Inspiratif Kehidupan

Billu Barber, adalah judul film India yang sangat bagus. Penuh dengan makna, penuh dengan kebijakan moral yang wajib di tonton saat ini.

Sudah 10 tahunan saya tidak suka nonton TV, namun ketika sarapan, tidak sengaja melihat film Billu barber yang ditayangkan di AnTV pada jam 8.00 pagi. Sepintas melihat dan langsung berkesan bahwa film tersebut bagus.

Karena TV sedang dipakai oleh anak, maka saya mengalah dengan menonton tayangan film Billu Barber melalui handphone. Dengan memasang aplikasi Vidio, namun gambarnya tersendat- sendat, akhirnya saya gunakan UseeTV dan lancar, namun di aplikasi UseeTV tidak bisa di setting resolusinya sehingga kuota internet menjadi sangat boros.

Selagi saya mencari- cari aplikasi lain untun nonton TV, ternyata anak saya sudah mematikan TVnya, maka Saya bergegas menyalakan AnTV untuk lanjutin nonton film bermutu Billu Barber. Meski iklannya sangat banyak, saya tetap aja tidak pindah channel barang sedikitpun. Hingga tayangan selesai pada jam 11.30 lebih.

Rangkuman Film Billu Barber

Billu adalah nama tokoh dalam film tersebut, dimana kehidupannya bersama Keluarganya yang pas- pasan dalam rumah sederhana bersama istri dan kedua anaknya.

Dengan usaha kecil sebagai tukang cukur, Billu mati- matian menyekolahkan kedua anaknya. Karena usahanya yang sepi membuat Billu tidak bisa membayar uang SPP anaknya.

Dan pada suatu ketika anak Billu terancam dikeluarkan oleh pihak sekolah jika Billu tidak segera membayar uang SPP.

Dengan keteguhan dan kesabaran, Billu terus berupaya meski seting menemui jalan buntu, sementara pihak sekolah sudah tidak mau menunggu.

Ada Syuting Film dari Artis Terkenal

Di desa Billu tinggal, didatangi artis terkenal yang akan melakukan syuting beberapa hari didesa tersebut, banyak orang yang mengidolakan Artis tersebut (Sahir) karena memang Ia artis terkenal dan film- filmnya banyak mendapatkan penghargaan.

Entah darimana datangnya, tiba- tiba rumor akan pertemanan sang artis dengan Billu beredar sangat cepat di lingkungan desa tersebut. Tidak ketinggal kedua anak Billu juga mengajak Bapaknya (Billu) untuk menemui artis tersebut.

Namun Billu menolak karena merasa tidak pantas untuk menemui Sahir. Dan berfikir bahwa Sahir akan lupa akan Billu yang dulu menjadi teman bahkan sahabat Artis Sahir tersebut.

Pihak sekolahan tempat anak Billu sekolahpun turut ingin mengundang artis Sahir dengan meminta bantuan Billu untuk mengundangnya, dengan imbalan uang SPP anaknya akan di gratiskan. Namun Billu masih menolak untuk menemui artis tersebut.

Keikhlasan Billu

Billu tidak pernah menceritakan akan hubungan persahabatannya dengan Sahir sang artis terkenal tersebut. Meski Billu pernah berjasa besar kepada Sahir semasa dulu. Namun Billu mencoba melupakannya akan kebaikan yang pernah dilakukan kepada Sahir dimasa dulu sebelum menjadi artis terkenal.

Dalam kondisi yang kepepet sekalipun Billu tetap tidak berfikir untuk menemui Sahir, apalagi meminta bantuan Sahir.

Secara akal, akan sangat wajar jika Billu minta bantuan kepada sahabatnya yang sukses untuk membantu, namun hal itu tidak dilakukan Billu.

Artis Sahir Berkunjung ke Sekolahan

Suatu ketika pihak sekolahan berhasil mendatangkan Sahir, dan dalam pidatonya ia memberikan motivasi kepada anak- anak, bahwa “masa kecil tidak akan pernah terulang meski Kita sangat merindukannya”. Dan menyampaikan betapa pentingnya nilai persahabatan yang tanpa pamrih.

Sambil berkaca- kaca Sahir menyebut nama sahabat yang telah banyak berjasa pada masa lalu, yakni Billu.

Hingga akhirnya semua orang tahu jika Billu memang benar- benar sahabat Sahir sang artis. Dan ternyata selama ini Sahir sedang mencari- cari Billu.

Hingga akhirnya Sang Artis Sahir mendatangi rumah Billu dan keharuan terjadi tatkala mereka berdua berpelukan erat sebagai sahabat yang tidak terlupakan.

Banyak Pelajaran yang di Ambil

  • Motivasi yang luar biasa.
  • Film Billu Barber mengajarkan ketabahan dalam kesulitan hidup apapun.
  • Mengajarkan keikhlasan meski sudah berjasa besar.
  • Tetap dalam kerendahan diri meski sebenarnya punya ketinggian derajat.

Jarang- jarang film- film seperti Billu Barber ini ada, yang mendidik, mengajarkan kebijakan moral dan berakhlak mulia.

Film seperti ini adalah penting untuk menumbuhkan jiwa- jiwa yang pantang menyerah dan tanpa pamrih, yang zaman sekarang sudah sangat langka untuk ditemukan.