7 Makanan Khas Bandung Lezat & Tidak Ada di Tempat Lain

Makanan Khas Bandung-Batagor

Mau tahu makanan khas Bandung yang enak dan nikmat, dan sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke kota Bandung, kota Bandung Bandung adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang menjadi destinasi favorit bagi para pelancong.

Jika anda jalan-jalan ke kota Bandung belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas dari kota Bandung, Bandung banyak menawarkan makanan khas dengan cita rasa beragam yang sayang untuk kita lewatkan, apa aja sih makanan khas Bandung yang enak-enak itu.

Nah Berikut Ulasan Makanan Khas Bandung

1. Peuyeum

Peuyeum adalah makanan khas Bandung yang sangat terkenal, Peuyeum yang dibuat dengan cara fermentasi. atau lebih dikenal dengan tape. Sebenarnya ada dua jenis penyem yakni yang dibuat dari beras ketan dan ada juga yang dibuat dari singkong dengan taburan ragi.

Makanan Khas Bandung
Makanan Khas Bandung – Peuyeum

Mendapat julukan jajanan sejuta umat lantaran harganya yang sangat murah meriah, enak dan juga tahan lama makanan khas Bandung yang satu ini merupakan oleh-oleh yang paling banyak dicari karena mudah ditemui dan harganya murah. Biasanya peuyeum disajikan dengan cara digantung dengan tali dalam jumlah yang banyak.

2. Tahu Susu Lembang

Kalau anda berkunjung ke Bandung Jangan lupa untuk mendatangi daerah Lembang, ada satu makanan khas kota Bandung yaitu salah satunya tahu susu.

Makanan Khas Bandung - Tahu-Susu-Lembang
Makanan Khas Bandung – Tahu Susu Lembang

Tahu susu Lembang ini sangat terkenal dengan teksturnya yang lembut dan kenyal, sesuai dengan namanya makanan khas kota Bandung ini dibuat dengan menggunakan kedelai kemudian ditambah dengan susu murni yang menciptakan rasa gurih dan lembut.

3. Mie Kocok

Mie kocok adalah makanan yang hampir mirip dengan mie bakso, hanya perbedaannya terdapat dari kuah dan isi di dalamnya. Dalam porsi lengkapnya mie kocok terdiri dari mie gepeng, kikil, toge dengan siraman kaldu dari tulang dan daging sapi.

Makanan Khas Bandung - Mie Kocok
Makanan Khas Bandung – Mie Kocok

Kemudian, kikil juga harus didapat dari daging kaki sapi dengan tekstur yang kenyal, empuk agar penikmatnya menyukai mie kocok. Dalam satu porsi mie kocok juga akan diberi taburan bawang goreng plus potongan seledri, rasa kuahnya yang gurih dan empuk membuat lidah tak akan berhenti bergoyang ketika sudah menyantap makanan khas Bandung ini.

4. Batagor

Batagor adalah makanan khas Bandung yang murah meriah, nama batagor sebenarnya adalah akronim dari bakso tahu goreng yang dicampur menjadi satu. Batagor yang sedap adalah masakan hasil alkulturasi Tionghoa Indonesia.

Makanan Khas Bandung-Batagor
Makanan Khas Bandung-Batagor

Dalam penyajiannya batagor goreng ini akan dipotong kecil-kecil kemudian diberikan bumbu kacang dan kecap yang akan ditaburkan di atasnya.

5. Karedok

karedok merupakan makanan khas Bandung yang paling enak yang dibuat dari sayuran sayuran segar yang disiram dengan bumbu kacang penggunaan sayurannya terbilang unik.

Jika biasanya sayur terlebih dahulu dimasak berbeda dengan karedok yang pakai sayur mentah biasanya sayur untuk dijadikan karedok adalah toge, kol, kemangi, kacang panjang, terong dan mentimun.

saat sayur bercampur dengan bumbu kacang akan terciptalah makanan yang kaya akan serat dengan rasa pedas gurih saat masuk ke mulut kita.

Karedok juga punya bermacam-macam varian 3 diantaranya adalah karedok leunca, karedok kacang panjang dan karedok sayur.

6. Surabi

Surabi ini terbuat dari tepung beras, makan ini disajikan dengan beragam rasa dan toping lezat. Surabi biasanya dibuat dengan cara di bakar di tungku yang terbuat dari tanah liat.

7. Colenak

Makanan khas bandung Colenak merupakan hasil inovasi dari makanan peuyeum yang oleah sedemikian rupa yakni dengan di bakar dengan di tambah dengan sambal kelapa parut dengan rasa agak manis gula merah. Colenak berasal ari kalimat “dicocol enak” karena cara makannya harus dicocol dulu agar mendapatkan rasa yang lezat.

Masih Banyak Makanan Khas Kota Bandung Lainnya

Nah itu dia 7 makanan khas kota Bandung Sebenarnya masih banyak lagi makanan Kota Bandung yang lainnya yang pastinya nggak kalah enak. Dan lain waktu akan kami bahas yang lainnya, jangan lupa komen dan sebutkan makanan khas bandung apa yang kalian sukai.