Modus Penipuan Cinta di Facebook, 4 Hal Penting Penangkalnya

Modus Penipuan Cinta di Facebook

Modus penipuan cinta di facebook akhir-akhir ini marak di media sosial Facebook. Terdengar lucu dan tidak masuk akal, namun itu terjadi di zaman sekarang ini, di zaman serba digital, komunikasi serba digital dengan menggunakan gadget. Dan mencari pacar pun, mencari cinta juga melalui daring.

Zaman sekarang siapa yang tidak kenal Facebook, dari anak kecil sampai orang dewasa hingga lansia semuanya kenal dengan medsos Facebook.

Aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini memang sangat tenar dan penggunanya mencapai milyaran orang di dunia ini.

Modus Penipuan Cinta di Facebook
Modus Penipuan Cinta di Facebook

Jadi tidak mengherankan banyak kejadian-kejadian aneh atau kejadian-kejadian tidak masuk akal di dunia media sosial Facebook. Termasuk modus penipuan cinta di facebook.

Sebagian besar orang pasti mempunyai aplikasi Facebook di hp-nya. Ketika memegang HP pasti akan membuka Facebook, karena memang media sosial tersebut sangat asik, ramai dan penuh sensasi.

Sangat banyak fitur yang sangat berguna di media sosial Facebook, menyebarkan status yang baik, nasehat, kata-kata bijaksana, puisi, artikel, foto dan video sekalipun bisa di upload di Facebook.

Sungguh luar biasa kemampuan Facebook hingga banyak sekali pengguna di dunia ini yang enggan meninggalkan Facebook Meski banyak sekali aplikasi-aplikasi chatting, aplikasi media sosial lainnya yang muncul.

Kadang tanpa terasa kita membuka status orang dan spontan memencet like, langsung komen seakan seperti gerakan refleks yang menggerakkan jempol dan mengetikkan kata kata kalimat, mengomentari status teman yang ada di Facebook tersebut.

Satu orang bisa mempunyai beberapa akun Facebook, ada yang digunakan untuk keperluan marketing, jualan produk, untuk main game dan ada yang memang serius mempunyai beberapa akun untuk mencari cinta di Facebook dengan berbagai motif tentunya.

Masih ada yang Terbuai Modus Penipuan Cinta di Facebook

Saya sempat terkejut dan sempat tidak percaya ketika ada yang bertanya mengenai modus penipuan cinta di facebook. Karena rasa- rasanya cinta tidak bisa datang begitu saja, tidak tiba-tiba terjadi ikatan cinta. Perlu butuh proses yang lama, perlu pengenalan masing-masing pribadi secara lebih mendalam hingga akhirnya terjadi saling cinta.

Namun di era digital ini terlebih di saat pandemi yang membuat orang tidak bisa keluar rumah, tidak bisa jalan ke mall, tidak bisa bersilaturahmi dengan orang lain. Rasa-rasanya mencari cinta melalui Facebook menjadi sesuatu yang rasional dan logis.

Akhir-akhir ini banyak sekali penipuan, atau banyak sekali percobaan tindak kejahatan melalui dunia digital, maka dari itu kita sebaiknya harus hati-hati termasuk dalam menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, telegram, instagram dll. Karena modus penipuan cinta di Facebook kini lagi viral di jagad maya.

Berbeda dengan zaman dahulu kala ketika mencari-cari pacar harus mejeng, harus dandan rapi, jalan-jalan ke mall, jalan-jalan ke alun-alun dan sebagainya.

Di zaman sebelum ada HP, apalagi Android, dulu mencari cinta atau mencari pacar memerlukan kesabaran ekstra karena komunikasinya hanya melalui surat.

Yang mana surat nyampenya bisa berhari-hari bahkan bisa sebulan. Bahkan kadang ngendap di kantor Desa hingga kadaluarsa.

Namun waktu itu belum atau tidak ada modus penipuan cinta di facebook. Karena memang waktu itu belum ada media sosial. Selain itu untuk menjadi pacar atau menjalin kesepakatan untuk saling mencinta harus ketemu face-to-face harus bertatap muka.

Berbanding terbalik 180 derajat di zaman sekarang. Tidak hanya mencari kerja, tidak hanya mencari hiburan, di Facebook orang juga banyak yang mencari cinta.

Apalagi anak-anak remaja, anak-anak puber yang sedang tinggi-tingginya dalam menyukai lain jenis.

Menurut pantauan Jabarala.com dan pengalaman sang penulis, modus penipuan cinta di facebook seringkali mempunyai motif lain. Biasanya motif materi, pelaku biasanya mempunyai foto profil yang ganteng atau cakep, sedap dipandang mata.

Kemudian Ia melakukan aksinya dengan chatting melalui inbox dengan kata-kata yang manis, kata-kata yang sopan, santun, seakan memang benar-benar baik orangnya.

Ketika sang korban telah terbuai dengan rayuan dan gombalan sang pelaku, maka motif utamanya akan segera di lakukan, entah meminta pulsa, entah meminta transferan uang atau bahkan yang tidak pantas pun kadang dimintanya.

Banyak korban yang terbuai rayuan gombal sang pelaku modus penipuan cinta di Facebook. Karena memang Facebook adalah media yang serba bisa,  bisa melihat foto, bisa melihat status, mood dan kebiasaan.

Sang pelaku mempelajari pola postingan sang target yang diikutinya, di buntutnya setiap hari, di-like statusnya, dikomen statusnya hingga akhirnya sang pelaku mengirimkan pesan lewat chatting messenger. Melakukan aksinya dengan rayuan-rayuan maut sehingga banyak yang terlena dan tidak sedikit yang menjadi korban.

Modus Penipuan Cinta di Facebook
Modus Penipuan Cinta di Facebook

Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang melakukan modus penipuan cinta di facebook, diantaranya,

Iseng

Ia mencari keuntungan dari orang lain. Misalnya orang lain yang bisa dirayu, bisa digoda hingga akhirnya rela mengeluarkan uang atau pulsa dengan transfer kepada sang pelaku.

yang kedua mungkin karena faktor lampiasan nafsu

menyukai lawan jenis merupakan suatu kodrat Illahi namun bila berlebihan dan tidak ada sarana penyaluran maka bukan tidak mungkin ia mencari mangsa di dunia Facebook.

Langkah-langkah Antisipasi dari Modus Penipuan Cinta di Facebook

Hati-hati

Jika ada orang yang tiba-tiba mengirimkan chatting Facebook atau tiba-tiba mengatakan sesuatu yang terlihat aneh, tidak seperti biasanya.

Terlebih jika tidak mengenal secara offline dan hanya tahu melalui media sosial Facebook tersebut. Maka hati- hati ketika ada pesan masuk dari teman Facebook yang sekiranya tidak kenal.

Perhatikan arah bicara orang yang tiba- tiba chatting. Perhatikan profil Facebook atau linimasa Facebook Dari waktu ke waktu. Apa saja yang dipostingnya, apakah terlihat natural atau terlihat alami sehingga kita bisa tahu seperti apa orang yang chatting tersebut. Dengan melihat foto-fotonya, dengan melihat status statusnya dan lain sebagainya.

Jangan Pernah Mau Dimintai Apapun

Segera mengelak ketika dimintai kirim sesuatu seperti transfer pulsa, transfer uang, kirim foto atau meminta data-data penting. Data yang bisa saja digunakan untuk disalahgunakan misalnya nomor rekening, nama ibu kandung yang semua itu seharusnya menjadi hal private yang hanya boleh diketahui oleh orang tertentu.

Perhatikan intensitas chattingnya. Semakin sering intensitas chattingnya, menunjukkan bahwa ia begitu menggebu-gebu dan begitu semangat, sehingga patut diwaspadai sebagai modus penipuan cinta di Facebook.

Seting Privasi Facebook

Setting privasi postingan Faceook, foto-foto, agar yang bisa melihat hal-hal tersebut cuma yang mempunyai pertemanan saja.

Dengan demikian orang lain yang tidak berteman tidak akan bisa melihat postingan, status, foto yang di upload. Jangan lupa untuk menyeting privasi tampilan nomor HP, tampilan email agar hanya diri yang bisa melihaynya supaya akun Facebook aman dari pembobolan.

Pihak Facebook juga tidak menginginkan hal-hal buruk terjadi pada pengguna Facebook. Maka dari itu semua setting, semua pengaturan yang memprioritaskan privasi pribadi tersedia di setiap akun.

Maka dari itu pelajari atau pahami cara setting privasi agar tidak bisa diakses orang yang bukan dalam pertemanan. Tidak sembarang orang bisa melihat status, foto-foto, sehingga akan lebih aman dan lebih terjaga.

Dengan demikian tidak sembarangan orang bisa mengambil foto, tidak sembarangan bisa menyalahgunakan status untuk hal-hal yang tidak baik.

Jangan Sembarangan Mengkonfirmasi Permintaan Pertemanan

Apabila tidak benar-benar mengenalnya jangan sesekali konfirmasi orang yang meminta pertemanan di Facebook. Kalaupun ingin mempunyai banyak teman di Facebook sebelum konfirmasi atau sebelum menambahkan teman sebaiknya perhatikan linimasa profilnya.

Perhatikan apakah akun tersebut memang benar-benar akun asli atau bukan akun bohongan. Karena modus penipuan cinta di facebook biasanya menggunakan akun Facebook fake atau akun Facebook palsu.

Demikian tulisan terkait modus penipuan cinta di Facebook, dengan harapan anak-anak remaja, orang dewasa bahkan orang yang sudah berumur sekalipun bisa terhindar dari modus-modus yang bisa merugikan.