Ternak Ayam Modal 1 Juta, Dapat 4 Keuntungan

ternak ayam modal 1 juta
ternak ayam modal 1 juta

Kali ini Kami akan membeberkan rahasia ternak ayam modal 1 juta untuk pemula, siapun bisa melakukannya asalkan ada kemauan dan keyakinan pasti bisa.

Ternak Ayam Modal 1 juta Bisa dilakukan Siapapun

ternak ayam modal 1 juta
Ternak ayam modal 1 juta

Karena hal tersebut merupakan hal yang nampak mata, kita bisa mempelajarinya dengan relatif mudah.

Tulisan ini berdasarkan kisah nyata pengalaman pribadi dan Kami ingin membagikan pengalaman agar ketika Anda memulai budidaya ayam tidak salah dalam mengambil langkah.

Setidaknya dapat meminimalkan resiko dalam memelihara ternak ayam kampung. Memelihara ayam kampung menjadi alternatif yang baik sebagai usaha rumahan saat pandemi.

Siapkan beberapa hal berikut dalam Ternak ayam?

  1. Modal
  2. Kandang
  3. Pakan
  4. Antisipasi Penyakit

Modal

Pertama- tama adalah modal untuk membeli indukan dan pejantan. Belilah calon indukan yang berbadan besar, bisa terlihat dari kakinya. Semakin kekar kakinya maka akan semakin baik calon indukan tersebut. Untuk harga calon indukan(doro) atau ada yang menyebut dere bervariasi, namun rata² di angka 50 rban di pasar.

Jadi modal yang tergantung berapa ekor calon indukan yang akan di pelihara. Jika mau murah karena ternak ayam modal 1 juta saja maka belilah langsung ke penjual, jangan ke pedagang. Maka belilah dari mereka agar mendapat harga yang murah.

Persiapan Kandang

ternak ayam modal 1 juta
Kandang Ternak ayam modal 1 juta

Langkah selanjutnya terkait Cara beternak ayam kampung dengan modal kecil cocok untuk pemula  ialah persiapan kandang. Untuk menekan biaya pembuatan kandang, manfaatkan kayu- kayu bekas. Bisa juga menggunakan bambu- bambu bekas. Atau dengan kawat loket jika mau cepat dalam pembuatan kandang ayamnya. Tapi untuk ternak ayam modal 1 juta bisa menggunakan bambu saja.

Harga Kawat loket atau kawat ayakan kisaran 70- 80 rban. Dalam persiapan kandang perlu memperhatikan kelembaban, ventilasi, tingkat suhu, dan kebersihan. Kandang yang baik akan membuat ayam menjadi sehat dan cepat besar dan gemuk.

Langkah paling penting dalam Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil Untuk Pemula

Pemilihan Indukan dan pejantan

Ayam kampung betina mulai bertelur di usia sekitar 5 bulan. Kalau hendak membeli calon indukan ayam sebaiknya menanyakan apakah ayam tersebut sudah bertelur atau belum. Dengan pemilihan calon indukan yang tepat maka masa telur ayam akan lama.

Kemudian pemilihan pejantan

Pilih Pejantan yang usianya sedikit lebih tua, karena akan lebih bagus dalam hasil kawinnya. Perbandingan pejantan dan betina, idealnya 1 banding 5. Jadi seekor pejantan mengawini 5 ekor betina. Semakin sedikit perbandingan maka akan semakin bagus kualitas telurnya.

Pengawinan

Masa kawin ayam betina sudah saatnya jika suara “ngekek” yang berulang- ulang pada calon indukan tersebut. Jika calon betina sudah ngekek terus maka cepat- cepat jadikan satu dengan pejantan dalam satu kandang. Sediakan tarangan tempat bertelur.

Sebaiknya bikin tarangan di atas tanah, karena ayam bertelur butuh kehangatan yang lebih. Jika terlalu dingin maka telurnya tidak bisa menetas. Sebaliknya jika terlalu panas maka embrio telur akan mati.

Tahap Penetasan

Dalam penetasan ada dua cara. Dan perlu mengingat bahwa bagian krusial karena ternak ayam modal 1 juta yang terbilang pas-pasan.

Penetasan (pengeraman) oleh induknya.

Meskipun indukan bisa mengerami sendiri namun jika tidak pas tarangannya maka jumlah yang menetas sedikit. Terkadang ada yang mati setelah menetas. Sayang jika ada telur yang tidak menetas atau mati. Maka buatlah tarangan dengan sebaik- baiknya.

Penetasan dengan mesin penetas

Sekarang ini banyak dijual dipasaran mesin penetas telur ayam. Mulai dari kapasitas 50 butir sampai ribuan butir. Jika menggunakan mesin tetas, suhu penetasan yang ideal adalah 37 derajat hingga 38 drajat. Dan di turunkan 0,5 drajat di tiga hari menjelang menetas. Kelembapan mesin tetas idelanya yaitu 50- 60% dan 60- 70% di 3 hari jelang netas.

Bagian yang harus telaten dalam ternak ayam kampung

Pemeliharaan Anak Ayam

Setelah menetas bisa kita biarkan bersama indukan. Tapi jika ingin cepat maka pisahkan dengan induknya dan masukkan kedalam oven. Istirahatkan Indukan untuk 1 minggu, setelah dia ngekek lagi maka kandngkan dengan pejantan, Begitu seterusnya.

ternak ayam modal 1 juta

Pemberian Pakan

Dalam pemberian pakan ayam, kita harus pilah- pilah dulu. Ada tiga pembagian dalam pemberian pakan.

1. Usia 0- 60 hari (starter)
2. Usia 61- 90 hari ( grower)
3. Usia 91 keatas ( masa bertelur/ masa panen)

Antisipasi penyakit

Ada istilah “mencegah lebih baik dari mengobati”, penyakit ayam juga bisa di cegah dengan menyemprotkan cairan Rodalon yang harganya cukup murah.

Dengan cairan tersebut akan membunuh bakteri ayam, bakteri dalam kandang dll. Rodalon sangat bagus untuk mengantisipasi berbagai penyakit hewan ternak karena tidak berbahaya meski pakan ayamnya juga kesemprot.

Mengatasi penyakit
Penyakit ayam banyak macamnya, tetelo, snot, kotoran putih, kotoran hijau dsb.
Lakukan karantina bagi ayam yang mengalami gejala sakit.

Terlihat dengan nafsu makan lemah, bulunya turun kebawah dan sering berdiam seperti tidur. Berikan ramuan – ramuan herbal untuk membantu mengobati ayam yang terkena serangan  penyakit.

Panen

Masa panen atau layak konsumsi ayam kampung itu di usia 6 bulanan, yam Kampung sudah mencapai berat 1- 2 kg. Dengan harga jual kisaran 50- 60 ribuan

Rincian biaya Ternak Ayam Modal 1 Juta Untuk Pemula

Berikut ini rincian modal dan biaya ternak ayam modal 1 juta untuk 10 ekor

JumlahNamaHarga @ (Rp)Total (Rp)
10Calon Indukan ayam50.000500.000
2Kandang Bambu50.000100.000
PakanKonsentrat + Jagung + Bekatul400.000400.000
Total1.000.000
Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil Untuk Pemula

Keuntungan yang didapatkan

  • Telur kampung fress, bisa untuk jamu, dijual atau ditetaskan
  • Daging ayam yang segar
  • Daging rendah kolesterol
  • Kotoran ayam untuk pupuk tanaman

Dengan semangat dan ketekunan dalam belajar ternak ayam modal 1 juta untuk pemula. Dengan seksama pasti bisa menjadikan usaha ternak ayam sukses.

Karena ketika sudah berjalan, terkadang ada rasa jemu dan malas untuk melakukan inovasi. mudah- mudahan selalu tetap semangat dan terus berkreasi untuk bisa menjadi maju.