Usaha Sampingan di Rumah Kampung

Usaha Sampingan di Rumah Kampung
Usaha Sampingan di Rumah Kampung

Usaha Sampingan di Rumah Kampung yang Terlihat Biasa Namun Ternyata Luar Biasa

Mencari Usaha Sampingan di Rumah Kampung termasuk hal yang cukup sulit, karena terbatasnya insfrastruktur dan sumber daya. Namun banyak sekarang ini yang “terpaksa” Mudik karena keadaan yang memaksa, sulitnya mencari kerja dan persaingan di Kota yang membuat banyak beralih ke Kampung. Namun ada juga yang sengaja menetap di Kampung dan merintis usaha dan banyak juga yang tidak kalah penghasilannya dari penghasilan Kota.

Kalau Rizki nggak akan kemana

Ada istilah Jawa “Wong Ndeso rejeki Kutho” itu menandakan bahwa opini masyarakat secara luas menganggap bahwa di Kotalah tempat terbaik untuk mencari kerjaan atau membangun usaha. Tapi dengan pelatihan dan pendidikan yang memadai akan mampu menciptakan lowongan kerja di pelosok desa sekalipun.

Kita akan membahas Usaha Sampingan di Rumah Kampung, itu berarti kita sudah punya usaha pokok yang kita kerjakan sehari- hari. Dalam mencari bisnis sampingan di kampung untuk saat ini sudah relative mudah karena teknologi internet sudah merambah ke kampung- kampung, Desa- desa di sebagian besar wilayah Nusantara tercinta ini. Tentu pekerjaan sampingan yang akan kita rintis harus tidak mengganggu pekerjaan utama kita. Ada beberapa pertimbangan untuk memilih dan memulai Usaha kedua atau usaha sampingan.

Pertimbangan memilih usaha sampingan du Rumah Kampung

  1. Mudah dikerjakan
  2. Tidak ribet
  3. Modal kecil
  4. Barang laku
  5. Bisa dikerjakan kapan saja

Usaha yang mudah dikerjakan

Mudah atau sulit itu tergantung dari pengetahuan yang dimiliki seseorang, karena mudah atau sulit itu relative. Tapi jangan khawatir sekarang ini banyak tutorial, banyak ilmu gratis yang tersebar di internet. Tinggal kita ketik di Google sudah kelihatan informasi apa yang akan dipelajari, tergantung ada kemauan atau tidak.

Tidak Ribet

Cari usaha yang tidak ribet mudah sekali, kita coba pergi ke pasar dan memperhatikan apa yang dikerjakan orang- orang ketika dipasar, maka akan segera menemukan ide dari sana. Mugkin saja dalam bidang kuliner, bidang jasa, dan mungkin saja dalam bidang kecantikan.

Modal Kecil

Ada yang bilang duit 10 juta itu kecil dan ada yang berkata sebaliknya. Oleh karenanya jangan berpatokan pada modal, namun berpatokanlah pada Margin ( Keuntungan).

Barang Laku

Usaha Sampingan di Rumah Kampung yang wajib jadi pertimbangan selanjutnya adalah “barang laku” sehingga tidak membuat pusing diri sendiri.

Bisa dikerjakan Kapan Saja

Waktu yang santai dan fleksibel dalam usaha membuat enjoy dalam melakukannya, dengan demikian melakukannya dengan tidak merasa berat dan malas.

Berikut ini Ide Usaha Sampingan di Rumah Kampung

Kami himpun dari berbagai sumber dan dari beberapa kisah nyata. Agar menjadikan informasi ini berguna bagi pembaca yang baik hati.

Tanam sayuran

Memanfaatkan lahan pekarangan yang ada untuk menanam berbagai sayuran, Bayam, kangkung, kacang panjang, terong, cabai dan lainnya.

Membuat kerajinan tangan

Kerajinan tangan banyak ragamnya misalnya Keset, anyaman tas, membuat gelang warna-warni, membuat amplop hari raya, membuat asbak dll.

Buka toko kelontong

Setiap orang butuh makan setiap hari dan tidak bisa ditunda. Maka membuka toko kelontong bisa menjadi Usaha Sampingan di Rumah Kampung yang baik. Bisa memanfaatkan ruang depan rumah dan di sekat beberapa bagian untuk menempatkan rak dan barang dagangan.

Kalau seandainya tidak laku maka bisa kita memanfaatkannya sendiri, toh kita sendiri juga butuh barang- barang kebutuhan pokok.

Pelihara Ikan

Kebutuhan akan lauk- pauk akan terus meningkat seiring dengan pertambahan populasi manusia, artinya peluang untuk usaha sampingan pelihara ikan akan menjadi pilihan bijak. Banyak media kolam yang dijual di pasaran antara lain, terpal kolam, fiber dan lain sebagainya.

Usaha Sampingan di Rumah Kampung

Kita bisa memilih ikan Mujair, gurami, Lele, nila dsb. Namun dimasyarakat Kita lebih banyak yang suka akan lele, karena mudah dalam penjualan.

Budidaya ikan hias

Baru- baru ini tren ikan hias meningkat pesat karena begitu banyak peminat akan hoby tersebut. Banyak ragam ikan hias yang bisa kita budidayakan misalnya, ikan cupang, guppy, lohan, arwana dll.

Apakah Usaha Sampingan di Rumah Kampung bisa membuat sukses ?

Itulah beberapa ide Usaha Sampingan di Rumah Kampung yang akan semakin cepat memulai maka akan semakin besar peluang untuk jadi yang pertama dan semakin berpeluang untuk sukses.

Namun biasanya kalau dikampung, banyak yang akan ikut- ikutan ketika melihat usaha kita berjalan. Lagi- lagi kita harus bijak dalam menyikapinya. Tidak perlu minder meski tidak hidup di kota, karena sekarang teknologi internet sudah menyamakan keduanya.

Mudah- mudah dengan membaca artikel singkat ini, segera muncul ide dari anda sendiri dan segera memulai dan berkembang dan akhirnya mendatangkan keuntungan tambahan dan yang paling penting adalah konsisten. Karena bagian yang paling sulit setelah merintis adalah konsisten.

Apa Usaha Sampingan di Rumah Kampung yang pernah dilakukan Penulis

Penulis belum menjadi pengusaha sukses, namun sudah banyak mencoba berbagai macam usaha di kampung di antaranya, warnet, tanam sayuran, pelihara ayam, bisnis online, main affiliate dan jadi penulis amatir.

Melanglang buana dan banyak melihat kehidupan di berbagai belahan Dunia. Ternyata permasalahan yang dihadapi semua orang itu sama saja, dan kebutuhan hidup sehari- hari juga sama saja. Jadi tidak perlu minder hidup di Kampung, terlebih untuk saat ini akses informasi sudah sangat mudah meskipun di Kampung.

Terimakasih yang sebesar- besarnya telah berkunjung ke website Kami, besar harapan kami bisa memberikan informasi, share pengalaman maupun ide- ide bisnis masa kini.